Sabtu 10 Jun 2023 17:15 WIB

Ganjar Pranowo Terima Kasih Didukung Purnawirawan Jenderal TNI-Polri

Ganjar berharap, proses Pemilu 2024 nanti tak ada kampanye yang memecah persatuan.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Erik Purnama Putra
Bakal calon presiden (bacapres) PDIP, Ganjar Pranowo di acara deklarasi Gapura Nusantara di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Bakal calon presiden (bacapres) PDIP, Ganjar Pranowo di acara deklarasi Gapura Nusantara di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon presiden (bacapres) PDIP, Ganjar Pranowo mendapat dukungan dari relawan Gapura Nusantara. Deklarasi dukung dari relawan Gapura Nusantara digelar di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023).

Ganjar mengaku bersyukur, sudah banyak kelompok masyarakat mendukung dirinya untuk menjadi presiden ke-8 RI. Gapura Nusantara merupakan kelompok relawan gabungan purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI-Polri, akademisi, youtuber, artis, politikus lintas partai, srikandi, dan milenial.

"Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan, termasuk dari Gapura Nusantara. Banyak Jenderal yang mendukung, tentu saya merasa bangga menyampaikan terima kasih atas dukunganny dan beberapa kelompok relawan yang hari ini bisa bertemu," kata Ganjar saat ditemui di lokasi deklarasi.

Menurut gubernur Jawa Tengah itu, Gapura Nusantara memiliki semangat menjaga Dasar bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Empat konsensus itu perlu dijaga bersama, khsusunya oleh setiap pemimpin Republik Indonesia. "Semangatnya luar biasa bagaimana konsensus berbangsa dan bernegara yang empat itu betul-betul dijaga," kata Ganjar

 

Dengan adanya konsensus berbangsa, kata dia, generasi muda betul-betul punya fondasi kuat bagaimana menjaga bangsa, negara, kerukunan, dan perbedaan. Dia menilai, perbedaan keyakinan dan ideologi berpolitik harus dihormati oleh setiap masyarakat Indonesia.

"Perbedaan harus kita hormati, agar kita bisa mencapai apa yang menjadi cita-cita negara ini sehingga tidak pernah diganggu pada urusan yang sudah kita sepakati," katanya.

Ganjar mengatakan, jika empat konsensus itu sudah kuat dan mejadi fondasi bernegara, selanjutnya pemimpin di lapisan atas eksekutif dan legislatif bisa melanjutkan pembangunan. Untuk itu, penting dalam proses Pemilu 2024 nanti tak ada kampanye yang memecah persatuan dan keutuhan sebagai bangsa Indonesia.

"Kesepakatannya menjadi fondasi yang kuat, maka berikutnya kita bisa bicara hilirisasi industri, soal memanfaatkan infrastruktur yang dibuat Pak Jokowi, bagaimana bicara IKN selesai," kata Ganjar.

Selanjutnya, sambung dia, pemenang pilpres bisa konsentrasi untuk memperbaiki keadaan ekonomi nasional. Sehingga, ke depan, keadaan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik untuk bisa sejahterakan masyarakat. "Tentu bagaimana ekonomi bisa recovery dengan baik, di mana ekonomi baru bisa kita tumbuhkan dan kembangkan," ucap Ganjar.

Untuk itu, Ganjar mengajak semua pihak yang sudah mendukungnya menuju kursi iItana tidak menghabiskan energi untuk sesuatu hal yang tidak penting. Karena semua pasangan membutuhkan dukungan politik dari semua lapisan masyarakat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement