Sabtu 03 Jun 2023 08:57 WIB

Keajaiban Bagdad: Abu Ja'far Al Khuldi (w. 348 H)

Abu Ja'far Al Khuldi dikenal sebagai pengamal tasawuf

Ilustrasi mengamalkan tasawuf.
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi mengamalkan tasawuf.

Oleh : Oleh: Tuan Guru Abu Hasan Mubarok Ketua Umum MUI Kab. PPU Kaltim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Abu Ja'far Al Khuldi adalah seorang ulama yang mumpuni di banyak bidang. Beliau dikenal sebagai ulama teladan dan sekaligus rujukan. Banyak persiapan-persoalan dalam masyarakat dapat diatasi dengan bimbingannya. 

Beliau selain dikenal sebagai pengamal tasawuf, juga dikenal sebagai ahli hadits, Qur'an, fiqih dan fan keislaman lainnya. Sehingga beliau juga dipercaya untuk memberikan fatwa atau penjelasan masalah agama kepada masyarakat.

Baca Juga

Seorang ahli sejarah terkenal berkebangsaan Suriah, wafat di Kairo tahun 1976 dalam ensiklopedinya menulis bahwa Abu Ja'far Al Khuldi merupakan salah satu di antara keajaiban Bagdad. 

Abu Nashr as Sarraj dalam Al luma' membagi amalan yang dilakukan oleh Abu Ja'far Al Khuldi ketika kehilangan barang. Abu Ja'far Al Khuldi senantiasa berdoa

اللهم يا جامع الناس ليوم لا ريب فيه، اجمع علي ضالتى

Ya Allah, wahai Dzat yang mengumpulkan manusia pada hari tidak ada keraguan akan kebenarannya. Kumpulkan lah barang2 yang menjadi milikku yang hilang dariku.

Doa ini juga banyak diamalkan oleh Abu Tayyib Al Makki (w. 386 H). Di antara karyanya adalah quut Al qulub yang bnyak menjadi referensi Imam Al Ghazali (w. 505 H) dalam menyusun Al ihya.

Giri Mukti, 3 Juni 2023

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement