Jumat 02 Jun 2023 20:53 WIB

Dorong SDM Berkualitas, LAN Bangun Kultur ASN Lebih Kompetitif

LAN memiliki program ASN Talent Academy untuk mengembangkan kompetisi

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sebagai upaya menyiapkan ASN bertalenta unggul, LAN memiliki program ASN Talent Academy
Foto: dok. LAN
Sebagai upaya menyiapkan ASN bertalenta unggul, LAN memiliki program ASN Talent Academy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah berupaya mengakselerasi pembangunan nasional menuju Indonesia Emas 2045 mendatang. Hal ini perlu diwujudkan dengan kualitas sumber daya aparatur sipil negara yang agile, adaptif, kompeten dan profesional.

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mempersiapkan talenta-talenta muda terbaik aparatur sipil negara dalam mengisi posisi-posisi kunci sebagai future leaders dan mendukung core business organisasinya.

“Sebagai upaya menyiapkan ASN bertalenta unggul, LAN memiliki program ASN Talent Academy sebagai sebuah program pengembangan kompetensi terintegrasi untuk membentuk pemimpin muda masa depan yang mampu mendorong perubahan dalam manajemen pelayanan publik sesuai dengan tantangan pada masa yang akan datang,”  ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (1/6/2023).

Dalam siklus pembelajaran ASN Talent Academy terdapat salah satu tahapan pembelajaran yaitu magang korporasi. Maka itu melalui executive meeting dapat menjadi wadah sosialisasi dan penyamaan persepsi antara penyelenggara program dan korporasi sehingga tujuan magang dapat tercapai.

 

“Kami melihat, di dunia korporasi sarat dengan kompetisi untuk bisa survive dan unggul era kekinian, hal ini yang masih belum secara menyeluruh diterapkan di dunia birokrasi, oleh karena itu melalui program magang ini kita berharap dapat merubah kultur birokrasi yang lebih kompetitif,” ucapnya.

Menurutnya pelayanan prima (excellent service) menjadi fondasi yang mutlak dilakukan selain daripada pembangunan karakter, perilaku serta manajemen kepemimpinan yang baik. Sejalan dengan itu, LAN bersinergi dengan 32 korporasi.

“Saya juga berharap, kolaborasi ini tidak hanya untuk menghasilkan kader pemimpin ASN masa depan yang unggul yang berkontribusi lebih optimal bagi kemajuan bangsa dan mewujudkan birokrasi berkelas dunia serta Indonesia Emas 2045,” ucapnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement