Kamis 01 Jun 2023 18:12 WIB

Wakil Gubernur Kalteng Lepas Pemberangkatan Calon Jamaah Haji Kloter 3

Kalteng akan memberangkatkan jamaah calon haji yang berjumlah 1.618 orang.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) menghadiri pelepasan Jamaah Haji Kalimantan Tengah Kloter 3, bertempat di Aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin Jalan A Yani Km 28 Landasan Ulin Banjarbaru, Kamis (1/6/2023) pagi.
Foto: Pemprov Kalteng
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) menghadiri pelepasan Jamaah Haji Kalimantan Tengah Kloter 3, bertempat di Aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin Jalan A Yani Km 28 Landasan Ulin Banjarbaru, Kamis (1/6/2023) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Dalam rangka operasional pemberangkatan Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin Tahun 1444 Hijriyah/2023, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) menghadiri pelepasan Jamaah Haji Kalimantan Tengah Kloter 3, bertempat di Aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin Jalan A Yani Km 28 Landasan Ulin Banjarbaru, Kamis (1/6/2023) pagi.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wagub Edy Pratowo saat melepas keberangkatan jamaah haji, mengatakan keberangkatan menunaikan Ibadah Haji merupakan momentum yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap umat Muslim.

Baca Juga

Setelah menanti, lanjutnya, dengan penuh kesabaran dan keikhlasan untuk memperoleh kesempatan menunaikan rukun Islam kelima yang sangat agung, dan pada tahun 2023 ini Provinsi Kalimantan Tengah kembali akan memberangkatkan jamaah calon haji yang berjumlah 1.618 orang. “Hal ini tentunya sangat disyukuri dan membahagiakan bagi masyarakat Kalimantan Tengah,” ucapnya seperti dalam siaran pers.

Sesuai dengan pembagian kloter, Jamaah Haji Kloter 3 yang akan diberangkatkan ini berjumlah 328 orang berasal dari Kabupaten Kapuas dengan rincian 320 orang calon haji, tiga orang petugas haji daerah (PHD) dan lima petugas kloter.

 

photo
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) menghadiri pelepasan Jamaah Haji Kalimantan Tengah Kloter 3, bertempat di Aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin Jalan A Yani Km 28 Landasan Ulin Banjarbaru, Kamis (1/6/2023) pagi. - (Pemprov Kalteng)

Edy juga menuturkan bahwa perjalanan haji ini adalah pengabdian luar biasa dan merupakan momen yang penuh berkah. Para calon jamaah haji semua adalah orang-orang yang terpilih, yang mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi tanah suci dan beribadah di Baitullah.

“Awali dengan meluruskan niat, artinya niat tulus dan ikhlas semata-mata mengharap ridha Allah SWT, diikuti dengan melaksanakan seluruh rangkaian manasik haji yang telah dipelajari, baik di kabupaten/kota maupun di Asrama Embarkasi Haji ini,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian calon jamaah haji yang akan berangkat yaitu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk beradaptasi dan membaur dengan seluruh jamaah calon haji yang lainnya, menjadi duta yang baik bagi negara, menjaga kondisi kesehatan, dan hendaknya dapat fokus pada kegiatan beribadah sehingga mampu melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan sebaik-baiknya.

“Kepada seluruh Petugas, baik Tim Petugas Haji Daerah (PHD), Petugas Kloter, Petugas Kesehatan, maupun Petugas Pembimbing Ibadah Haji, agar memberikan pelayanan dan pendampingan yang optimal dan terbaik bagi seluruh Jamaah Calon Haji Kalimantan Tengah,” katanya.

Edy juga berpesan kepada seluruh jamaah calon haji, agar selama menjalankan rangkaian Ibadah Haji, terselip do’a bagi kita semua yang ada di tanah air, khususnya Provinsi Kalimantan Tengah tercinta, agar senantiasa rukun, harmonis, damai, aman, dan sejahtera dalam bingkai keberagaman dan kebersamaan, menuju terwujudnya Kalteng Makin Berkah.

“Akhirnya, atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji, seraya mendoakan semoga memperoleh predikat haji yang mabrur," ujar Edy.

Turut hadir pada acara ini, Ketua DPRD Provinsi Kalteng, Ketua MUI Provinsi Kalteng, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalteng, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement