Rabu 31 May 2023 17:33 WIB

Pengunjung Masjid Sheikh Zayed Solo Naik 2 Kali Lipat pada Musim Haji

Pengunjung Masjid Sheikh Zayed pada musim haji ini mencapai 30 ribu orang per hari.

Bangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, Jawa Tengah. Pada musim haji ini, kunjungan meningkat hingga 2x lipat.
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Bangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, Jawa Tengah. Pada musim haji ini, kunjungan meningkat hingga 2x lipat.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Jumlah pengunjung di Masjid Sheikh Zayed Solo, Jawa Tengah, mencapai 30 ribu orang per hari pada musim haji kali ini. Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed Munajat mengatakan, saat ini angka kunjungan tersebut hampir dua kali lipat lebih banyak dibandingkan pada hari normal.

"Kalau hari normal 15 ribu sampai 20 ribu pengunjung. Sekarang semuanya (seperti- Redaksi) weekend," kata dia, Rabu (31/5/2023).

Baca Juga

Terkait dengan tingginya angka kunjungan tersebut, pihaknya melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Surakarta. "Pengunjung kan banyak, butuh dukungan dari pemerintah kota, penataan macam-macam, parkir. Sampai akhir Juni kemungkinan akan padat," ujarnya.

Dia mengatakan, dari sisi keamanan juga dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Surakarta. "Semua dikoordinasikan, yang penting tertib sama keamanan. Kepadatan parkir dan transportasi, yang jalan gimana. Jangan sampai menyeberang di atas rel kereta api," kata dia.

 

Sementara itu, dia menyebut untuk mulai operasional masjid saat ini juga lebih fleksibel agar pengunjung tidak menunggu terlalu lama. "Kami buka lebih awal, jam 03.00 WIB kadang sudah buka. Menyesuaikan, jangan sampai mereka menunggu lama," kata dia. Bahkan, selama libur sekolah mendatang pihaknya juga menyiapkan kegiatan kajian yang bisa diikuti oleh jamaah yang datang ke Masjid Sheikh Zayed.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement