Jumat 26 May 2023 18:39 WIB

Polling Capres-Cawapres Iwan Fals: Erick Thohir Teratas Jadi Cawapres

Iwan Fals memang kerap membuat polling capres-cawapres.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Mansyur Faqih
Musisi Tanah Air Iwan Fals menyelenggarakan polling di Twitter soal potensi nama-nama calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024 mendatang.
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Musisi Tanah Air Iwan Fals menyelenggarakan polling di Twitter soal potensi nama-nama calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024 mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Tanah Air Iwan Fals menyelenggarakan polling di Twitter soal potensi nama-nama calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024 mendatang. Nama Menteri BUMN Erick Thohir berada di urutan paling atas yang dipilih oleh followers atau pengikut Iwan Fals.

Artinya, nama Erick Thohir mendapatkan suara terbanyak sebagai cawapres yang dipasangkan sejumlah nama dalam polling Twitter tersebut. Menurut pantauan Republika pada Jumat (26/5/2023), Iwan Fals memang kerap membuat polling capres-cawapres. 

Dia memasangkan sejumlah nama populer, lalu meminta pengikutnya di akun Twitter @iwanfals untuk memilih. Nama Erick Thohir unggul saat dipasangkan dengan capres Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. 

Iwan membuat simulasi untuk capres Ganjar Pranowo dan menduelkan dengan empat cawapres yakni Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, AHY, dan Erick Thohir pada Rabu (24/5/2023). Sebagai hasilnya, pasangan Ganjar-Erick unggul dengan perolehan 55,3 persen suara. 

 

Selain itu, disusul Ganjar-Ridwan Kamil (21 persen), Ganjar-Sandiaga (14,8 persen), dan Ganjar-AHY sebesar 8,9 persen. Polling ini diikuti oleh 2.853 pengikut Iwan Fals di Twitter. 

Polling serupa dibuat untuk capres Prabowo Subianto di mana empat cawapres yang disimulasikan adalah Ridwan Kamil, Muhaimin Iskandar (Cak Imim), AHY, dan Erick Thohir. Sebagai hasilnya, pasangan Prabowo-Erick menduduki urutan puncak dengan raihan 46 persen suara. 

Kemudian disusul Prabowo-Ridwan Kamil (31,4 persen), Prabowo-Cak Imin (12,3%), dan Prabowo-AHY sebesar 10,5 persen. Polling ini melibatkan 456 pengikut Iwan Fals.

Belakangan tren elektabilitas Erick Thohir melonjak pesat dalam sejumlah hasil survei. Contohnya survei yang digelar Indikator Politik Indonesia yang diumumkan akhir April lalu yang memaparkan bahwa nama Erick Thohir menjadi kunci kemenangan bagi Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto jika keduanya menggandeng Menteri BUMN tersebut sebagai calon wakil presiden.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement