Kamis 25 May 2023 17:17 WIB

Gibran Optimistis Elektabilitas Ganjar akan Naik, Tapi ...

Tiap lembaga survei menurut dia mempunyai hasil berbeda-beda.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberi keterangan pers usai pertemuan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (22/5/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberi keterangan pers usai pertemuan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (22/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku optimistis hasil survei elektabilitas dari bakal calon presiden (bacapres) PDIP Ganjar Pranowo cepat-lambat akan naik. 

Seperti diketahui, elektabilitas Prabowo dari hasil survei Litbang Kompas per Mei 2023 unggul atas Ganjar dan Anies. Ia kokoh di urutan pertama dengan perolehan 24,5 persen, sementara Ganjar di angka 22,8 persen dan Anies dengan 13,6 persen.

Disinggung apakah soal survei Ganjar akan kembali naik, ia malah menjawab semua hasil survei bacapres akan naik. Hal tersebut karena ada beberapa responden belum menjawab. 

"(Optimistis survei Ganjar naik) Ya harusnya semuanya naik, kan ini masih ada beberapa persen belum menjawab. Ya lambat laun pasti menjawab," kata Gibran di Balai Kota Solo, Kamis (25/5/2023). 

Putra sulung presiden Jokowi yang sekaligus dikabarkan sebagai jurkam tersebut juga mengaku bahwa tidak hanya mengamati hasil survei dari satu lembaga. Sedangkan, soal respons relawan soal survei tersebut, pihaknya menyerahkan kembali pada mereka. 

"Intinya kita pantau terus hasil surveinya. Kita bandingkan dengan lembaga yang lain. Nanti biar para relawan bisa menilai sendiri. Masih panjang waktunya, masih naik-turun (hasil survei)," katanya.

Menurut dia, survei hanya sebagai pelengkap saja. Sebab, tiap lembaga survei juga mempunyai hasil berbeda-beda.

"Survei kan ono okeh (ada banyak), hasile beda-beda. Survei itu untuk pemanis saja, yang penting persaudaraan. Survei itu masih berkembang, naik-turun," katanya mengakhiri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement