Selasa 16 May 2023 06:30 WIB

Kronologi Ditembak Seusai Dibuntuti Mobil Hitam Vs Tudingan Drama Habib Bahar

Ichwan mengatakan, peristiwa penembakan terjadi pukul 20.32 WIB, Jumat (12/5/2023).

Bahar bin Smith. Habib Bahar dikabarkan ditembak orang tak dikenal pada Jumat (12/5/2023). (ilustrasi)
Foto:

Bahar bin Smith memiliki nama asli HB Assayid Bahar Bin Smith yang merupakan putra pertama dari tujuh bersaudara dari pasangan Ali bin Smith dan Isnawati Ali. Dia lahir di Kota Manado pada 23 Juli 1985 dan kini dikaruniai empat orang anak.

Dia merupakan keturunan Arab Hadhrami golongan Alawiyyin bermarga Aal bin Sumaith. Bahar dikenal sebagai seorang aktivis FPI asal Manado, Sulawesi Utara, dan pendakwah muda. 

Ceramahnya sering kali berapi-api sehingga menambah semangat jamaahnya. Pria yang kerap disapa Habib Bule ini pada 2007 mendirikan Majelis Pembela Rasulullah dan memiliki kantor pusat majelis di Pondok Aren, Tangerang Selatan, dan Banten. Bersama jamaahnya tersebut, HBS kerap beraksi menutup paksa sejumlah tempat hiburan yang dinilai menimbulkan sarang maksiat.

Suami dari Fadlun Faisal Balghoits ini juga telah mendirikan Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin di Pabuaran, Kemang, Bogor. Pesantren ini menggunakan sistem salaf, yaitu pesantren tipe klasik yang banyak mengkaji kitab kuning. 

Bahar juga dikenal memiliki kedekatan dengan pemimpin FPI Habib Rizieq Shihab. Dia bahkan dikenal paling santer penggerak Aksi Bela Islam yang menuntut agar Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dihukum. 

Belum lama ini namanya kembali mencuat setelah tiga petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta dipecat seusai ketiganya menjemput dan mencium tangan Bahar. Bahar mengatakan, pemecatan tiga petugas Avsec tersebut merupakan tindakan semena-mena dan penerapan SOP yang tidak adil bagi dirinya.

Habib Bahar juga sempat berurusan dengan hukum. Sebelumnya, Hakim Pengadilan Tinggi (PT) Bandung mengabulkan banding jaksa penuntut umum (JPU) atas putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung, yang memberi vonis 6 bulan 15 hari penjara kepada Habib Bahar. Terdakwa kini divonis 7 bulan penjara.

 

photo
Perbandingan proses hukum Bahar bin Smith dan Denny Siregar. - (Infografis Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement