Rabu 10 May 2023 17:46 WIB

300 Ton Gabah Petani Aceh Barat Hanyut Terbawa Banjir

Banjir melanda Kabupaten Aceh Barat dalam beberapa hari terakhir.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mencatat sekitar 300 ton gabah milik petani di Kecamatan Woyla dan Bubon hanyut diterjang banjir.
Foto: Antara/Yusuf Nugroho
Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mencatat sekitar 300 ton gabah milik petani di Kecamatan Woyla dan Bubon hanyut diterjang banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mencatat sekitar 300 ton gabah milik petani di Kecamatan Woyla dan Bubon hanyut diterjang banjir. Kabupaten Aceh Barat dilanda banjir sejak beberapa hari terakhir.

"Data kerugian ini masih bersifat sementara," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Barat, Safrizal, di Meulaboh, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga

Ia menjelaskan, para petani menjemur atau mengeringkan padinya setelah panen. Saat dijemur, sekitar 300 ton gabah kering tersebut hanyut dibawa banjir. Akibatnya, ratusan ton gabah milik petani di Kecamatan Bubon dan Woyla sebagian besar hanyut, dan tidak sempat diselamatkan karena musibah banjirnya terjadi sejak sore hingga malam hari.

Safrizal mengatakan, luas lahan sawah milik petani di Kabupaten Aceh Barat yang terdampak bencana banjir totalnya mencapai 60 hektare, tersebar di Kecamatan Woyla seluas 50 hektare dan 10 hektare di Kecamatan Bubon. Pihaknya memperkirakan kerugian yang dialami petani akibat bencana alam banjir mencapai Rp1,5 miliar, setelah 300 ton padi hasil panen hanyut terbawa banjir.

Safrizal mengatakan, pihaknya saat ini masih terus berupaya melakukan pendataan terhadap jumlah kerugian yang dialami petani di Kabupaten Aceh Barat, setelah sebagian lahan sawah di kabupaten tersebut terendam banjir.

"Nanti kami akan update kembali jika sudah ada data terbaru terkait dampak banjir di Aceh Barat," kata Safrizal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement