Rabu 03 May 2023 07:10 WIB

Sinergitas Kemenhub, Jasa Raharja, dan Polri Pastikan Arus Balik Aman dan Nyaman

Menurut Rivan, pelaksanaan mudik Lebaran 2023 berjalan dengan baik.

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi meninjau kondisi arus lalu lintas di gerbang Tol Cikampek Utama.
Foto: Dok. Kemen
Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi meninjau kondisi arus lalu lintas di gerbang Tol Cikampek Utama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sinergitas yang terjalin antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PT Jasa Raharja, dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sangat penting dalam memastikan arus mudik dan arus balik Lebaran 2023 berjalan lancar, aman, nyaman dan berkesan. 

Hal itu terus dilakukan dengan menjalin kordinasi dan meninjau secara langsung kondisi lapangan, salah satunya kunjungan pada arus balik Lebaran 2023. 

Baca Juga

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono menuturkan, kunjungan dilakukan untuk memantau kondisi arus lalu lintas, pelayanan bagi masyarakat, dan pengamanan di sejumlah wilayah. 

"Kita memastikan bagaimana pelayanan dan pengamanan di sisa periode mudik Lebaran ini konsisten dilakukan," ujar Rivan dalam  seperti dilansir pada Selasa (2/5/2023). 

 

Rivan menyampaikan itu saat bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi meninjau kondisi arus lalu lintas di gerbang Tol Cikampek Utama. 

Menurut Rivan, pelaksanaan mudik Lebaran 2023 berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, Rivan menyampaikan terima kasih kepada para semua pihak terutama petugas di lapangan yang tetap semangat dalam menjalankan aktivitas dan tanggungjawabnya. 

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada di jalan, dan senantiasa 

mematuhi peraturan," kata Rivan.

Sementara Firman Shantyabudi menyampaikan, berdasarkan pantauan arus lalu lintas via udara, pergerakan kendaraan di tol Cikampek dan Cipali relatif lancar. 

Firman juga menyebut banyak masyarakat yang melanjutkan silaturahminya di Jakarta setelah melakukan Lebaran di daerahnya. Oleh karenanya, Polri melakukan rekayasa lalu lintas demi kelancaran para pemudik yang balik ke Jakarta dan sekitarnya. 

"Sistem ini kita lihat efektif, bisa mengantar masyarakat untuk waktu yang tidak terlalu lama di jalan," imbuh Firman.

Menhub Budi menambahkan, pemerintah sangat concern mewujudkan pelaksanaan mudik Lebaran dengan aman, nyaman dan berkeselamatan. Hal itu berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo. 

"Ini merupakan ikhtiar kita untuk bagaimana bisa membahagiakan masyarakat. Terima kasih untuk semua stakeholder atas koordinasi dan kolaborasinya yang baik. Terima kasih juga kepada masyarakat yang telah mengikuti aturan pemerintah,” ucap Budi. 

Pada pemantauan arus balik itu, Budi sempat menggelar rapat evaluasi terbatas. Dihadiri Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Irjen Pol. Hendro Sugiatno, dan sejumlah perwakilan instansi terkait di Kantor Jasa Raharja, Jawa Barat.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement