Selasa 02 May 2023 21:17 WIB

Kemenparekraf Siapkan Helpdesk Informasi Wisata Saat ASEAN Summit

Tourist Information Center dan HelpDesk ditempatkan di bandara dan hotel delegasi.

Pemandangan dari AYANA Komodo Waecicu Beach yang akan menjadi tempat kegiatan  KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei 2023.
Foto: Republika/Dwina Agustin
Pemandangan dari AYANA Komodo Waecicu Beach yang akan menjadi tempat kegiatan KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyiapkan HelpDesk dan Tourism Information Center (TIC) pada 10 titik di Labuan Bajo selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

"Melalui Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores, kita ada HelpDesk dan TIC, ada 10 titik, di delapan hotel official dan juga di bandara," kata Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Ni Wayan Giri Adnyani dalam Media Gathering Persiapan KTT ke-42 ASEAN di Hotel Jayakarta Labuan Bajo, Manggarai Barat, Selasa (2/5/2023) malam.

Baca Juga

Tourist Information Center dan HelpDesk yang ditempatkan di bandara dan hotel delegasi bertujuan untuk memudahkan informasi terkait wisata Labuan Bajo dan aktivitas yang berlangsung sepanjang ASEAN Summit 2023.Nantinya ada 20 petugas yang terbagi pada 10 titik tersebut untuk memberikan informasi luas kepada para tamu delegasi.

Kata Ni Wayan, para petugas tersebut akan mengenakan pakaian adat untuk menunjukkan kekayaan budaya daerah. "Tanggal 8 mereka sudah bertugas. Hari KTT mereka akan kenakan pakaian tradisional, tunjukkan kita sangat kaya dengan budaya dan adat istiadat," ucapnya.

 

Selain menyiapkan HelpDesk dan TIC, Kemenparekraf juga menyiapkan Pasar Rakyat atau Street Carnival yang melibatkan 40 UMKM lokal. Kegiatan yang akan berlangsung mulai tanggal 7 Mei hingga 13 Mei 2023 nanti diharapkan melibatkan 3.000 orang sehingga ada perputaran ekonomi di sana.

"Dengan adanya event ini kita berharap Indonesia tidak hanya Bali yang dimiliki tapi masih banyak destinasi berkualitas di luar Bali, salah satunya Labuan Bajo," ucapnya.

Media Gathering Persiapan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo juga dihadiri oleh Menteri Kominfo Johnny G Plate dan Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko. Diskusi dalam acara itu dipandu oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement