Kamis 27 Apr 2023 18:33 WIB

Tidak Masuk Kantor Usai Libur Lebaran, Enam ASN Pemkot Padang Diberi Sanksi

Keenam ASN Pemkot Padang menjalani proses sanksi karena bolos kerja.

Aparatur Sipil Negara (ASN) beraktivitas di saat hari kerja (Foto: ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Aparatur Sipil Negara (ASN) beraktivitas di saat hari kerja (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat, akan memberikan sanksi terhadap aparatur sipil negara (ASN) yang tidak masuk kantor usai libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Arfian di Padang, Kamis (27/4/2023), mengatakan, ASN Pemkot Padang wajib masuk kantor dan mengisi absensi pada saat inspeksi mendadak (sidak) kehadiran.

Pemerintah Kota Padang melaksanakan sidak selama dua hari kerja 26-27 April 2023. Pada hari pertama masuk kantor, sebanyak enam orang ASN dilaporkan tidak masuk kantor alias bolos kerja.

Baca Juga

"Sebanyak enam orang ASN tidak hadir pada saat hari pertama, ketidakhadirannya tanpa keterangan," kata dia.

Ia mengatakan, enam ASN itu segera dipanggil dan diproses. "Tentunya keenam ASN itu diproses sesuai peraturan yang berlaku," kata dia.

 

Menurut dia, keenam ASN itu sudah diberi waktu untuk cuti lebaran, tetapi masih memanfaatkan libur. "Kami dari BKPSDM akan memproses yang tanpa keterangan tersebut," kata dia

Sementara itu, untuk kehadiran ASN pada hari kedua masuk kantor, Arfian mengaku belum mendapat laporan berapa jumlah ASN yang tidak masuk kantor tanpa keterangan. Menurut dia, apabila masih ditemui ASN yang bolos kerja, pihaknya akan memproses sesuai aturan.

Sebelumnya Pemkot Padang akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di seluruh kantor organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup pemerintah daerah setempat di hari pertama kerja usai libur Lebaran, Rabu (26/4/2023). Menurut Arfian, kegiatan sidak ini dilakukan secaarutin setiap tahun di hari pertama masuk kerja ASN usai libur panjang guna mengantisipasi adanya penambahan libur oleh ASN.

Arfian menambahkan, momentum bulan Syawal ini diharapkan dapat menjadi pelecut semangat bagi ASN untuk bekerja lebih baik lagi. "ASN harus memberi contoh yang baik agar pelayanan kepada masyarakat bisa semakin baik," kata dia.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement