Mulai Hari Ini, Ada Diskon Tarif 20 Persen di 12 Ruas Tol untuk Arus Balik

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Fuji Pratiwi

Kamis 27 Apr 2023 11:40 WIB

Kendaraan melintasi gerbang jalan Tol Trans Sumatra, Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Jumat (6/5/2022) (ilustrasi). Sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memberikan diskon sebesar 20 persen di 12 ruas tol mulai Kamis (27/4/2023). Pemberian diskon itu sekaligus untuk membantu para pemudik yang akan kembali dari kampung halaman ke kota masing-masing. Foto: ANTARA/Ardiansyah Kendaraan melintasi gerbang jalan Tol Trans Sumatra, Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Jumat (6/5/2022) (ilustrasi). Sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memberikan diskon sebesar 20 persen di 12 ruas tol mulai Kamis (27/4/2023). Pemberian diskon itu sekaligus untuk membantu para pemudik yang akan kembali dari kampung halaman ke kota masing-masing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memberikan diskon sebesar 20 persen di 12 ruas tol mulai Kamis (27/4/2023). Pemberian diskon itu sekaligus untuk membantu para pemudik yang akan kembali dari kampung halaman ke kota masing-masing.

Sebelumnya, hanya terdapat enam ruas jalan tol yang diberikan diskon. Tiga ruas di Jawa yakni Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Tangerang-Merak dan Cibitung-Cilincing. Lalu tiga ruas di Sumatra, Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Kayu Agung-Palembang-Betung.

Baca Juga

Kini, mulai hari ini diskon ditambah di enam ruas jalan tol Trans Jawa dan telah diterapkan sejak pukul 06.00 WIB sampai dengan 29 April pukul 06.00 WIB. Lebih detail:

1. Jalan tol Batang-Semarang, yang dikelola oleh PT Jasamarga Semarang Batang (Untuk semua golongan kendaraan)

2. Jalan tol Pemalang-Batang, yang dikelola oleh PT Pemalang Batang Toll Road (Untuk semua golongan kendaraan)

3. Jalan tol Pejagan-Pemalang, yang dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road (Untuk semua golongan kendaraan)

4. Jalan tol Kanci-Pejagan, yang dikelola oleh PT Semesta Marga Raya (Untuk semua golongan kendaraan)

5. Jalan tol Palimanan-Kanci, yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Untuk semua golongan kendaraan)

6. Jalan Tol Cikampek (Cikopo)-Palimanan, yang dikelola oleh PT Lintas Marga Sedaya (Hanya kendaraan Golongan 1)

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono menyampaikan, diskon tarif tol ini upaya pemerintah bersama BUJT untuk memecah arus kepadatan lalu lintas dan penumpukan di jalan tol pada saat arus balik Lebaran 2023.

"Diharapkan diskon tarif tol ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kembali ke Jakarta," kata Triono, Kamis (27/4/2023).

Sebelumnya, untuk arus balik Lebaran 2023, diskon tarif tol untuk semua golongan kendaraan di enam ruas oleh sejumlah BUJT di antaranya PT Jasa Marga (Persero), PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Toll Road melalui anak perusahaannya PT Waskita Sriwijaya Tol (WST), PT Marga Mandalasakti (ASTRA Infra), PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways.

 

Terpopuler