Kamis 20 Apr 2023 12:29 WIB

Elektabilitas Kalahkan Khofifah dan Muhaimin, Erick Thohir Kader NU Terkuat

Erick merupakan anggota kehormatan Banser NU setelah dilantik pada November 2021

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menjadi anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) setelah berhasil mengikuti seluruh rangkaian pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) di Sekolah Citra Alam Jagakarsa, Jakarta Selatan, (ilustrasi).
Foto: Istimewa
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menjadi anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) setelah berhasil mengikuti seluruh rangkaian pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) di Sekolah Citra Alam Jagakarsa, Jakarta Selatan, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir dinyatakan oleh Pegiat Media Sosial Politik Mazdjo Pray sebagai kader Nahdlatul Ulama (NU) terkuat dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Erick Thohir memang diketahui sebagai warga NU yang mengemban posisi Anggota Kehormatan Banser NU dan dipercaya untuk menggelar Harlah ke-100 NU.

Erick Thohir berdasarkan temuan dari hasil survei Indo Barometer memiliki elektabilitas cawapres yang tinggi jika dibandingkan dengan kader NU lainnya yakni Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

“Hal ini tidak mengejutkan menurut saya karena Erick Thohir juga anggota NU. Erick Thohir mengalahkan dua tokoh yang selama ini dianggap sebagai representasi basisnya NU yaitu Cak Imin dan Khofifah,” ujar Mazdjo Pray dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (20/4/2023).

Seperti diketahui, sebagai kader NU Erick Thohir sangat berkontribusi untuk Nahdliyin. Ia merupakan sosok yang berhasil menyelenggarakan rangkaian acara peringatan 1 abad NU sebagai Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU.

 

Sebelumnya, menteri terbaik dan andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini bahkan berkontribusi meningkatkan kemandirian NU. Erick Thohir berkomitmen merealisasikan 250 Badan Usaha Milik NU (BUMNU) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, Erick Thohir juga menggagas program khusus di Kementerian BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan para nahdliyin. Program ini di antaranya adalah Santripreneur, Pesantrenpreneur, Santri Makmur, Talenta Wirausaha BSI dan Pertashop khusus Pesantren.

Maka dari itu, Mazdjo Pray menyatakan Erick Thohir sebagai kuda hitam yang muncul dalam bursa Pilpres 2024 dan mampu mengungguli nama-nama lama di peta perpolitikan Indonesia. “Erick Thohir menyambangi Nahdliyin di pesantren bahkan di pelosok. Bahkan juga ada program-program yang dibuat Erick Thohir untuk memajukan pesantren. Seperti kuda hitam, Erick Thohir melejit sebagai tokoh yang menjadi favorit," kata Mazdjo.

Perlu diketahui, dalam hasil survei terbaru Indo Barometer elektabilitas cawapres Erick Thohir mengungguli Khofifah dan Cak Imin. Ia menempati posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 22,9 persen sedangkan Khofifah 15,8 persen dan Cak Imin 6,7 persen. Dengan ini Erick Thohir menjadi kader NU terkuat dalam bursa cawapres di Pilpres 2024 mendatang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement