Rabu 19 Apr 2023 22:16 WIB

TGS Sumut Manfaatkan Momen Akhir Ramadhan dengan Safari Majelis Taklim

Potret indahnya solidaritas antarumat muslim tampak ketika mereka menunggu berbuka.

Gelaran safari ramadhan, doa, dan berbagi takjil bersama Majelis Taklim At-Taqwa serta masyarakat di Dusun I, Desa Alur Gadung, Kecamatan Sawit Seberang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.
Foto: Dok. Tgs
Gelaran safari ramadhan, doa, dan berbagi takjil bersama Majelis Taklim At-Taqwa serta masyarakat di Dusun I, Desa Alur Gadung, Kecamatan Sawit Seberang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAT -- Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan bagi umat muslim kini sudah memasuki hari-hari akhir. Untuk itu, Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumatra Utara menggelar safari ramadhan, doa, dan berbagi takjil bersama Majelis Taklim At-Taqwa serta masyarakat di Dusun I, Desa Alur Gadung, Kecamatan Sawit Seberang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. 

Koordinator Wilayah TGS Sumut, Zulfi Andika menjelaskan, potret indahnya solidaritas antarumat muslim tampak ketika mereka menunggu waktu berbuka, dan mendengarkan secara seksama ceramah bertajuk 'Indahnya Berbagi untuk Sesama di Bulan Ramadan'

Baca Juga

"Kegiatan yang kami laksanakan pada hari ini ialah kegiatan berbuka puasa bersama diselingi juga dengan ceramah agama dan juga diselingi berbagi takjil kepada BKM yang berdomisili di tempat ini," ucap Zulfi Andika, seperti dilansir pada Rabu (19/4/2023). 

Menurut dia, dalam momen ini, pihaknya ingin mengajak masyarakat khususnya majelis taklim untuk meningkatkan sikap peduli dan berbagi.

Di sisi lain, mereka juga menyerahkan sejumlah sarana dan prasarana seperti sound sistem, karpet, serta buku-buku islami untuk menambah gaira menimba ilmu majelis taklim maupun masyarakat setempat.

"Sebelumnya kita telah melakukan survei beberapa majelis taklim jadi pilihan kita jatuh kemari karena kita melihat kultur sosial masyarakat di sini sangat membutuhkan apa-apa yang telah kita berikan tadi," kata Andika.

"Harapan kami dari Tuan Guru Sahabat ini agar masyarakat bisa lebih terpacu dalam hal meningkatkan wawasan keagamaan. Yang kedua agar lebih masyarakat ini dapat menjaga ukhwah islamiyah," ujar Andika menambahkan. 

Ketua Majelis Taklim At Takwa Desa Alur Gadung Supriyanti mengungkapkan rasa syukurnya. 

"Harapan saya juga lebih dari ini bantuannya untuk mendukung majelis taklim kami terutama untuk kehidupan masyarakat di desa alur Gadung dusun I ini," kata Supriyanti.

Sekadar informasi, TGS Ganjar terus menunjukkan kepeduliannya terhadap Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) dan Majelis Taklim. Senin (17/4/2023), mereka juga menyerahkan bantuan sound sistem, tikar, dan kitab-kitab agama kepada Majelis Taklim Al-Huda Kabupaten Langkat.

Beberapa hari sebelumnya, relawan ini mengadakan sahur dan zikir bersama para warga di Dusun Kampung Satu, Desa Mekar Sawit, Kecamatan Sawit Sebrang, Kabupaten Langkat. 

Para relawan berkolaborasi dengan Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Hidayah untuk penyelenggaraan kegiatan ini. Zulpi Andika mengatakan, sahur dan zikir bersama ini diikuti oleh ratusan warga. Mereka mendapat menu santap sahur yang diberikan langsung oleh relawan TGS Sumut. 

Para warga yang biasanya melaksanakan sahur di rumah masing-masing, diajak untuk bisa berkumpul guna sahur bersama. Zulpi mengatakan, ini berguna untuk merajut silaturahmi di antara warga desa. 

"Tujuan selanjutnya adalah memperat tali silaturahmi. Sebagai umat Islam kami berbagi. Tidak hanya di berbuka, tapi juga saat sahur," ujar Zulpi, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement