Rabu 19 Apr 2023 17:27 WIB

Pemudik Arah Pantura Bisa Istirahat di Posko Mudik GBB di Subang Jawa Barat

Posko mudik itu memfasilitasi bagi pemudik kendaraan roda dua atau pun roda empat.

Posko mudik Lebaran 2023 di Desa Ciasem baru, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
Posko mudik Lebaran 2023 di Desa Ciasem baru, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) meresmikan posko mudik Lebaran 2023 di Desa Ciasem baru, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Pembukaan dilakukan secara simbolik dengan pengguntingan pita oleh Ketua Umum GBB Lukman Hakim, didampingi Sekjen GBB, Kelik Ismunanto, jajaran DPP GBB dan GBB daerah, serta masyarakat umum. 

Lukman Hakim mengatakan, posko mudik itu memfasilitasi bagi pemudik kendaraan roda dua atau pun roda empat yang ingin beristirahat. 

Baca Juga

Adapun posko mudik iitu didirikan hingga H+1 Lebaran. Kemudian, di posko tersebut juga ada fasilitas P3K atau obat-obatan yang bisa dipakai para pemudik, fasilitas untuk tidur, makanan dan minuman hingga tempat ibadah.  

"Rasa syukur kami GBB berhasil membuat posko ini. Di sini ada air minum, toilet, tempat ibadah, nanti juga kita akan kasih bingkisan, bagi kaos GBB, kalender dan stiker. Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk masyarakat," ujar dia di lokasi. 

 

Lukman mengungkapkan, target posko ini pemudik yang berasal dari Jabodetabek hingga Banten menuju ke arah Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Menurutnya, GBB sendiri membuat posko mudik di wilayah Cirebon dan Subang Selatan.

"Kami menyasar di Pantura ini di jalan non tol karena di sini banyak pemudik-pemudik yang menggunakan motor, itu sasaran kami untuk membantu mudik di Pantura ini," ujar Lukman. 

Lukman berharap pemudik nyaman, aman dan sampai tujuan. Dia mengimbau agar pemudik berhati-hati dalam perjalanan dan istirahat di posko mudik apabila diperlukan.

GBB membuat posko mudik ini bekerja sama dengan Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri (FSB Garteks), serta masyarakat. 

Ketua DPC FSB Garteks, Suherman menyatakan bersama GBB berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik arah Pantura yang biasanya beristirahat ketika sore hingga malam hari. 

"Insyaallah kami siap memberikan pelayanan kepada pemudik dan lancarnya posko mudik GBB," ucapnya.

Salah seorang pemudik, Fajriansyah (45 tahun), mengaku terbantu dengan adanya posko mudik GBB di wilayah Subang. Dia bersama istri mudik dari Bekasi dengan tujuan Cilacap, Jawa Tengah dengan perjalanan lebih dari enam jam. 

"Alhamdulillah ada kemudahan di posko ini, buat para pemudik diharapkan bisa membantu para pemudik, biar bisa istirahat. Jika keadaan letih, mengantuk, silakan singgah," kata dia. 

Sebelumnya, seperti dilansir dari Antara, Korlantas Polri menyiapkan pengawalan pemudik sepeda motor yang nekat melakukan mudik Lebaran 2023 untuk memastikan mereka agar selamat sampai tujuan sehingga aktivitas mudik berjalan aman dan berkesan.

Hal ini diungkapkan Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri Brigjen Pol. Ery Nursatari dalam Diskusi FMB9 dengan tema 'Mudik Aman Berkesan' yang dipantau secara daring di Jakarta. 

“Kami berharap mudik pada  2023 betul-betul kami antisipasi. Kami sudah menyiapkan pengawalan-pengawalan,” kata Ery.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement