Selasa 18 Apr 2023 08:30 WIB

Riangnya Para Peserta Mudik Gratis Bisa Berangkat dari Bandung ke Jateng

Sudah tiga tahun Siti dan anak tidak bisa mudik karena persoalan ekonomi.

Pelepasan peserta mudik Bandung-Jateng, oleh Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil, Senin (17/4/2023).
Foto: Dok. Web
Pelepasan peserta mudik Bandung-Jateng, oleh Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil, Senin (17/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sejumlah masyarakat tampak antusias mengikuti mudik bareng dari Bandung, Jawa Barat ke berbagai daerah di Jawa Tengah. Salah satunya Siti Nurhasanah, warga asli Kebumen, Jawa Tengah yang sudah 20 tahun merantau ke Bandung tak kuasa menahan kegembiraannya setelah difasilitasi mudik gratis menggunakan bus oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Dilansir dari Antara, Selasa (18/4/2023), Siti mengatakan, program mudik gratis pakai bus ini adalah angin segar baginya dan keluarga. Pasalnya, sudah tiga tahun Siti dan anak tidak bisa mudik karena persoalan ekonomi.

“Saya tidak kerja, saya sudah korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Selama tiga tahun ini ngga mudik karena waktu itu corona juga,” kata Siti di jalan Padjajaran, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), Senin (17/4/2023).

Baca Juga

Jika harus pulang dengan biaya sendiri, Siti yang membawa anaknya harus merogoh kocek Rp 500 ribu sekali jalan dan belum sama biaya makan. Kondisinya yang belum bekerja membuat Siti pasrah dengan keadaan.

Siti juga menyambut meriah ketika Ganjar bersama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil datang untuk melepas 20 bis yang mengangkut 852 pemudik menuju Jateng. Siti berterima kasih kepada Ganjar atas inisiasi yang telah diberikan untuk rakyatnya di Jabar.

 

“Bapak Ganjar terima kasih mudah-mudahan setiap tahun ada program seperti ini. Sangat membantu karena dari segi peremonomian (belum mampu). Semoga Pak Ganjar sehat dan panjang umur,” kata dia.

Sementara itu, Ganjar menyebut antusiasme peserta mudik dari Bandung sangat tinggi. Ganjar pun menitipkan salamnya kepada keluarga para pemudik di kampung halaman.

“Saya pesankan agar mereka tidak usah ngebut, kalau supirnya lelah istirahat, kalau kekencengan dicolek, jangan nyampah, mudah-mudahan semuanya selamat karena wajahnya ceria,” kata Ganjar.

Adapun, bus mudik gratis yang digagas Ganjar ini akan berkendara rute Bandung-Jateng dengan tujuan Banjarnegara, Cilacap, Demak, Rembang, Purbalingga, Purworejo, Boyolali, Klaten, dan Banyumas.

Kemudian Magelang, Kabupaten Semarang, Pekalongan, Kebumen, Karanganyar, Wonogiri, dan Sukoharjo.

Sebelumnya, Ganjar sudah melepas peserta  program mudik gratis pakai bus dari Medan, Palembang, Lampung, dan Jakarta. Ganjar juga telah menyambut kedatangan peserta mudik gratis yang naik kapal dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara ke Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement