Senin 10 Apr 2023 11:44 WIB

Pengurus Masjid Laporkan Pelaku Pengganti QRIS Palsu ke Polrestro Jaksel

Penipuan modus baru, kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M dipasangi QRIS barcode palsu

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erik Purnama Putra
Video dugaan pelaku penipuan dengan modus mengganti barcode kotak amal.
Foto: istimewa/video viral
Video dugaan pelaku penipuan dengan modus mengganti barcode kotak amal.

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Waspadalah terhadap modus penipuan baru berbentuk infak digital menggunakan QRIS barcode yang terpasang pada kotak amal. Beberapa waktu lalu, kamera pengawas (CCTV) Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan, merekam aktivitas seorang laki-laki tak dikenal melakukan tindak pidana.

Orang tersebut memasang sejumlah QRIS barcode bertuliskan 'Infak Restorasi Masjid di sejumlah kotak amal di Masjid Nurul Iman Blok M. Kini laki-laki tersebut sedang dalam pencarian aparat kepolisian.

Sekretaris Masjid Nurul Iman Blok M, Habibi Katin, mengatakan, laki-laki tersebut melancarkan aksinya pada Kamis (6/4/2023) sekitar pukul 10.30 WIB. Namun, pengurus DKM Masjid Nurul Iman Blok M baru mengetahui aksi kejahatan itu pada Ahad (9/4/2023), setelah menemukan kejanggalan pada kotak amal dan melihat CCTV.  

 

Baca juga : Viral Pelaku Penipuan Tempel QRIS Palsu di Beberapa Masjid di Jakarta

"Kita lihat ada keanehan saja, biasanya di kotak-kotak infak itu gak ada stiker QRIS terutama kotak bagian luar. Nah, ini ada stiker asing, kita curiga dan periksa semua kotak dan tiang-tiang serta dinding masjid, ternyata ada banyak stiker QRIS yang mencurigakan itu," kata Habibi kepada Republika.co.id di Jakarta pada Senin (10/4/2023).

Pengurus DKM Masjid Nurul Iman pun telah melaporkan kejadian tersebut kepada Polres Metro Jakarta Selatan (Polrestro Jaksel). Pihaknya juga langsung mencopot stiker QRIS di beberapa titik di masjid. "Maka setelah kita pastikan bukan punya pihak masjid, maka kita lepas semua. Setelah itu kita cek CCTV untuk mengetahui pelaku yang nempel stiker dan ketahuan," ujar Habibi.

Marbut Masjid Nurul Iman Blok M Square, Carmita, menjelaskan, perbuatan pelaku itu sangat meresahkan. Dia berharap, aparat segera menangkap laki-laki tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement