Adhyaksa Gelar Cerdas Cermat Alquran Antarormas dan Ojol

Red: Joko Sadewo

Kamis 06 Apr 2023 19:25 WIB

Kegiatan Cerdas Cermat Pemahaman Alquan yang diikuti ormas dan ojol. Foto: istimewa/doc humas Kegiatan Cerdas Cermat Pemahaman Alquan yang diikuti ormas dan ojol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan menteri pemuda dan olahraga, Dr. Adhyaksa Dault, menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Pemahaman Alquran Antarormas dan Komunitas Ojek Online (Ojol). Kegiatan diikuti oleh Pemuda Panca Sila, Forkabi, Forum Pemuda Muslim Maluku, dan FBR.

Adhyaksa  mengatakan, acara yang diadakannya itu selain bertujuan untuk mensyiarkan kesucian Ramadhan, juga dalam rangka mensyiarkan keagungan Alquran dengan mengambil momentum peringatan Nuzulul Quran.

Namun, menurut dia, ada tujuan yang jauh lebih penting. Yaitu, ramadhan yang tak hanya berhenti pada puasa dan tarawih, tapi juga bermakna sosial yang memberi efek pada meningkatnya persaudaraan, persatuan dan kebersamaan.

"Kita ingin memberi makna ramadhan yag jauh lebih luas. Yaitu, terbangunnya semangat berbagi, semangat bersatu dan semangat tolong menolong. Kebetulan, itulah yang sebenarnya sedang kita butuhkan hari ini sebagai bangsa agar terbebas dari upaya yang akan merusak keutuhan NKRI,” kata Adhyaksa dalam siaran pers, Kamis (6/4/2023).

Mengenai peserta lomba yang berkategori Ormas dan Ojol, bukan pelajar atau mahasiswa, Adhyaksa menjelaskan, sengaja dilakukan lebih dalam rangka untuk memberi pesan bahwa mereka yang paham Alquran dan isinya itu ternyata bukan hanya milik santri, ustad atau kalangan terpelajar lainnya seperti mahasiswa.

“Tadi kita semua menyaksikan, bahwa mereka yang selama ini mungkin direndahkan sebagai kelompok yang tak berpendidikan tinggi, sehingga dianggap tak mengerti Alquran, ternyata sangat fasih menjawab sejumlah pertanyaan seputar isi kitab suci umat Islam itu,” papar Adhyaksa.

Karena itulah, Adhyaksa berpesan, agar tak mudah menghakimi seseorang hanya dari  penampilan fisik atau pekerja rendahan. Buktinya, mereka  tak kalah fasih dengan santri atau bahkan mahasiswa  dalam menjawab pertanyaan seputar isi Alquran.

Acara yang digelar Adhyaksa ini berlangsung sangat meriah. Apalagi, pada saat sesi rebutan menjawab pertanyaan. Keempat peserta yang membawa supporternya masing-masing itu terlihat  bersemangat berebut cepat menekan tombol sebagai tanda siap menjawab.

“Terimakasih Bang Adhyaksa atas inisiatifnya yang cerdas dan telah  menyatukan kami. Mungkin, kalau pesertanya pelajar atau mahasiswa itu  biasa. Tapi, dalam lomba kali ini peserta nya justru dari kalangan masyarakat yang selama ini mungkin dianggap tak mengerti isi Alquran,” ungkap Dasrul, salah satu pimpinan Ormas Forkabi.

Terpopuler