Kamis 06 Apr 2023 10:55 WIB

Pj Heru Pastikan Stok Pangan di Jakarta Aman Jelang Lebaran 2023

Harga-harga bahan pokok di pasar rakyat di Ibu Kota masih stabil.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meninjau stok pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur dan Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat pada Rabu (5/4/2023).



Heru menuturkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI terus menjaga koordinasi dan bersinergi dengan pemerintah pusat agar ketersediaan bahan pokok dengan harga yang stabil bisa diperoleh dengan mudah oleh masyarakat Jakarta, terutama menjelang Lebaran. Karena itu, pihaknya ikut meninjau harga bahan pokok di kedua pasar tersebut. 


"Menurut pantauan kami, harga-harga bahan pokok di pasar rakyat masih stabil dan pasokannya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sesuai arahan Presiden, kami akan terus mengawasi agar tidak terjadi penimbunan stok dan harga-harga tetap stabil hingga Idul Fitri nanti. Operasi Pasar Murah juga akan terus diadakan," kata Heru di Jakarta, kemarin.



Sementara itu, Presiden Jokowi, mengatakan, setiap menjelang Lebaran, dinamika harga dan ketersediaan bahan pokok selalu menjadi perhatian berbagai pihak baik dari pelaku ekonomi hingga regulator. Ia bersyukur harga pangan yang dibutuhkan warga cenderung menurun, karena beberapa hari sebelumnya sempat terjadi deflasi.



"Ini mendekati Lebaran. Saya dan Menteri Perdagangan bersama Pj Gubernur DKI Jakarta ingin mengecek kondisi pangan di pasar. Pertama, stoknya. Kemudian, yang kedua, harganya. Kita lihat tadi urusan pasokan tidak ada masalah, harga juga justru banyak yang turun," kata Jokowi.



Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement