Rabu 05 Apr 2023 13:20 WIB

Inspirasi LAZ Persis di Bulan Suci Ramadhan

LAZ Persis meraih penghargaan dari IFA.

LAZ Persis
Foto: LAZ Persis
LAZ Persis

EKO SAPUTRA; Kepala Pendayagunaan LAZ Persis

 

Baca Juga

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan memang menjadi bulan penuh berkah yang sangat ditunggu oleh masyarakat Muslim di seluruh dunia. Banyak warga masyarakat yang memperoleh berkah berupa bantuan dan sedekah mengalir begitu deras, demikian juga banyak para dermawan yang berlomba-lomba untuk mencari pahala dengan menyisihkan hartanya untuk berbagi dengan sesama.

Pada kesempatan Ramadhan 1444 H tahun ini Lembaga Amil Zakat PERSIS Kantor Layanan Pembantu Bogor Utara yang beralamat di Jl. KH. Sholeh Iskandar, RT.04/RW.02, kel. Cibuluh, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16164, tepat pada tanggal 2 April 2023, mendapatkan kepercayaan dari NGO internasional Barakah Charity yang berkantor pusat di Swiss untuk menyalurkan paket Ramadhan. Bentuknya berupa parsel sembako kepada 200 orang penerima manfaat yang dibagikan pasca kegiatan pengajian yang di adakan di Masjid Ijtihad Walidain Bogor.

Meski baru di bentuk pada tanggal 18 Maret 2023 lalu, namun LAZ Persis KLP Bogor Utara langsung membuat gebrakan program dan sukses menjalankan amanah dari lembaga internasional yang merupakan perkenalan untuk kolaborasi program berikutnya. Demikian yang disampaikan Dr. Arip Rahman, Lc., DESA Ketua Bidgar Hubungan Luar Negeri Pimpinan Pusat PERSIS di bogor.

Kepercayaan dari masyarakat dan juga donatur memang menjadi hal yang prinsipil bagi integritas sebuah lembaga intermediasi dana zakat, infaq, dan sedekah. Dengan memegang teguh prinsip ini, alhamdulillah pada tahun 2022 lalu LAZ PERSIS yang sebelumnya di branding dengan nama Pusat Zakat Umat (PZU) mendapatkan penghargaan dari event Indonesia Fundraising Award (IFA) sebagai Fundraising ZIS Berbasis Ormas Terbaik 2022.

Ada hal menarik pada sesi pembagian sembako yang dilakukan oleh panitia (amilin) di mana parcel tidak hanya diberikan kepada para dlu'afa melainkan juga kepada para guru, pendakwah, dan marbot masjid sebagai apresiasi terhadap dedikasi mereka dalam upaya mencerdaskan masyarakat dan menjaga kenyamanan tempat ibadah agar orang-orang yang melaksanakan shalat mendapatkan kakhusuan beribadah. Semua ini dilakukan dalam rangka implementasi dari lima program inti LAZ Persis yakni, Umat Sholeh, Umat Pintar, Umat Peduli, Umat Sehat, dan Umat Mandiri. 

Ucapan terimakasih dengan penuh rasa syukur disampaikan oleh para "emak-emak" dari anggota Persistri yang merupakan bagian dari otonom Persatuan Islam ibu-ibu dimana mereka mengungkapkan di saat harga-harga kebutuhan pokok di pasar mengalami kenaikan terus menerus selama Ramadhan, adanya pembagian sembako yang dilakukan panitia sangatlah membantu dalam memenuhi kebutuhan sahur dan berbuka keluarga di rumah.

Semoga Lembaga Amil Zakat PERSIS dan juga Barakah Charity semakin berkah, amin. Ungkap para ibu-ibu Persistri dengan senyum sumringah di wajah sambil menenteng parcel masing-masing.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement