Masjid Lautze Jadi Pilihan Mualaf Tionghoa Perdalam Islam di Bulan Ramadhan

Red: Nidia Zuraya

Ahad 02 Apr 2023 03:50 WIB

Jamaah melaksanakan Shalat Tarawih di Masjid Lautze, Jakarta. ilustrasi Foto: Prayogi/Republika. Jamaah melaksanakan Shalat Tarawih di Masjid Lautze, Jakarta. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Lautze, Jakarta Pusat, menjadi pilihan warga Tionghoa yang ingin menjadi Muslim (mualaf) untuk mendalami ajaran Islam karena mereka merasa nyaman di tengah komunitasnya. Bahkan momentum Ramadhan menjadi pilihan mereka untuk menyatakan diri sebagai Muslim dengan bersyahadatdi Masjid Lautze

"Mereka merasa tidak asing dan nyaman. Ketika masuk ke sini ya mereka tidak merasa datang ke masjid, seperti datang ke Klenteng saja. Ornamen-ornamennya juga mendukung, banyak kaligrafi-kaligrafi yang langsung kami datangkan dari Tiongkok," kata Humas Masjid Lautze Yusman Iriansyah yang ditemui di masjid tersebut, Sabtu (1/4/2023).

Baca Juga

Yusman mengatakan, banyak orang Tionghoa yang merasa nyaman menjadi mualaf di masjid tersebut karena banyak saudara dan komunitas di sana, juga merasa sama-sama baru menjadi mualaf, sehingga mereka tidak merasa malu dan canggung.

Seperti di hari kesepuluh Ramadhan 1444 H, tiga orang menjadi mualaf di Masjid Lautze."Memang kalau Ramadhan lebih ramai, tiap minggu bisa lebih dari lima orang, kalau hari biasa mungkin hanya sekitar dua sampai tiga orang. Sebagian besar memang datang dari keturunan Tionghoa," kata Yusman.

Yusman menambahkan, Masjid Lautze menyediakan pengajar bagi mualaf yang mau belajar mengaji dan mendalami Islam. Seringkali juga ada beberapa relawan yang datang secara sukarela untuk membantu.

Seorang warga bernama Indira (43) datang ke Masjid Lautze untuk mengantarkan kedua putrinya, Putri (14) dan Puan (16) menjadi mualaf.

"Kebetulan suami saya non-muslim, tetapi kedua anak saya sudah terbiasa shalat dan mengaji, dan setelah dewasa mereka baru saya tanya dengan serius, apakah merasa terpaksa atau tidak. Alhamdulillah mereka sudah merasa nyaman dan teguh untuk masuk Islam," ujar Indira.

Indira juga mengatakan, Masjid Lautze merupakan salah satu tempat ibadah yang membuatnya sadar jika budaya bisa menyatu dengan agama. Masjid Lautze selama Bulan Ramadhan juga menyelenggarakan buka bersama tiap seminggu sekali dengan mengundang jamaah mualaf dari seluruh Jabodetabek.