Sabtu 01 Apr 2023 18:36 WIB

Arteta Ingatkan Bukayo Saka Soal Tekanan dan Ekpektasi yang Bertambah Besar

Bukayo Saka mengoleksi 12 gol dan 10 assist dari 28 laga di Liga Primer Inggris.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Bukayo Saka dari Arsenal merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Arsenal dan Crystal Palace di stadion Emirates di London, Minggu, (19/3/2023).
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Bukayo Saka dari Arsenal merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Arsenal dan Crystal Palace di stadion Emirates di London, Minggu, (19/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bukayo Saka tampil begitu impresif pada musim ini. Dengan koleksi 12 gol dan 10 assist dari 28 laga, Saka menjadi pemain pertama yang mampu mencatatkan dua digit dalam torehan gol dan assist di Liga Primer Inggris musim ini.

Winger asal Inggris itu berkontribusi menjadikan The Gunners menjadi salah satu kandidat terkuat peraih gelar juara liga musim ini. Klub asal London Utara itu diketahui mulai memimpin klasemen sementara Liga Primer Inggris sejak pekan ke-16.

Baca Juga

Dengan peran dan kontribusi terhadap perjalanan Arsenal pada musim ini, winger berusia 21 tahun itu dinilai memiliki peluang untuk bersaing dalam perebutan pemain terbaik Liga Primer Inggris musim ini. Secara keseluruhan, Saka telah mengemas 13 gol dan 10 assist dari 38 penampilan di semua ajang pada musim ini.

Peningkatan performa itu dan penampilan impresif Saka di atas lapangan dinilai berbanding lurus dengan sorotan yang bakal diterimanya. Tidak hanya soal ekpektasi, Saka juga akan mendapatkan perhatian yang lebih banyak di atas lapangan. 

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, pun telah mewanti-wanti kondisi ini kepada Saka. Kondisi tersebut bisa berdampak negatif terhadap upaya jebolan akademi Arsenal itu untuk bisa menjaga konsistensi performa. Saka, ujar Arteta, mesti bisa menjaga fokus untuk tetap menjadi andalan Arsenal pada musim ini.

''Dia akan menghadapi ekpektasi dari media dan sorotan di atas lapangam. Saat Anda ingin mengisi peran yang sudah dia tunjukan selama ini, maka Anda harus memiliki kemampuan untuk itu. Jadi, janga terlalu banyak membaca (berita tentang dirinya), telalu banyak mendengar, hanya fokus pada apa yang harus Anda lakukan setiap hari,'' kata Arteta seperti dilansir Irish Times, Sabtu (1/4/2023).

Terlepas dari saran tersebut, Arteta cukup yakin, Saka bisa menjaga sikap dan fokusnya untuk bisa menjaga konsistensi performa. Bahkan, pelatih asal Spanyol itu menilai, Saka masih memiliki kemampuan dan potensi untuk bisa meningkatkan performanya.

''Dia memiliki sejumlah aspek yang masih bisa ditingkatkan. Sebelum dia bisa melakukan hal itu, dia harus bisa mempertahankan aspek-aspek yang telah dimilikinya. Begitu pula dengan meningkatkan level aspek-aspek permainan yang lain,'' kata Arteta.

Mampu menyumbang satu gol dan satu assist saat Inggris membungkam Ukraina di laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2024, awal pekan lalu, Saka kembali dapat menjadi andalan The Gunners pada laga perdana selepas jeda internasional. Dalam laga tersebut, Arsenal sudah dijadwalkan menjamu Leeds United pada pekan ke-29 Liga Primer Inggris, Sabtu (1/4/2023) pukul 21.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement