Sabtu 01 Apr 2023 18:00 WIB

Doa Mohon Pertolongan dari Kezaliman Orang Lain

Kunci menghadapi kezaliman salah satunya adalah doa.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Doa Mohon Pertolongan dari Kezaliman Orang Lain. Foto:   Seorang wanita Muslim Kashmir berdoa di Masjid Jamia, masjid agung Srinagar, ibu kota musim panas Kashmir India, 06 Agustus 2021. Pemerintah mengizinkan pembukaan kembali Masjid Jamia setelah penutupan mereka setelah gelombang kedua virus corona tetapi mendesak orang-orang untuk memakai masker dan menjaga norma jarak sosial. Ilustrasi Muslimah.
Foto: EPA-EFE/FAROOQ KHAN
Doa Mohon Pertolongan dari Kezaliman Orang Lain. Foto: Seorang wanita Muslim Kashmir berdoa di Masjid Jamia, masjid agung Srinagar, ibu kota musim panas Kashmir India, 06 Agustus 2021. Pemerintah mengizinkan pembukaan kembali Masjid Jamia setelah penutupan mereka setelah gelombang kedua virus corona tetapi mendesak orang-orang untuk memakai masker dan menjaga norma jarak sosial. Ilustrasi Muslimah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Kunci menghadapi kezaliman makhluk adalah dengan iman yang kuat, sabar, dan tawakal serta berdoa kepada Allah SWT. Sebab setiap bentuk kezaliman di muka bumi pasti akan mendapatkan balasannya baik secara langsung di dunia dan di akhirat. 

Maka sesungguhnya orang-orang atau kelompok yang menzalimi orang lain tengah berada di ambang kebinasaannya sendiri, apalagi bila orang yang dizalimi berdoa meminta pertolongan dan keadilan kepada Allah atas kezaliman yang menimpanya. Maka doa orang yang dizalimi sudah pasti dikabulkan Allah SWT. 

Baca Juga

Berikut doa memohon pertolongan Allah dari kezaliman orang lain. Doa ini terdapat pada Alquran surat Yunus ayat 85-86. Berikut teks arab dan artinya:

 ۚرَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Rabbanaa laa taj'alnaa fitnatal lilqaumidzalimin wa najjinaa birohmatika minal qaumil kafiriyn

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari orang-orang kafir.

Doa ini adalah doa yang pernah dibaca oleh kaumnya nabi Musa Alaihisalam yakni Bani Israil ketika berada dalam tekanan dan kekejaman Fir'aun. Kala itu kaum nabi Musa yang beriman bertawakal kepada Allah SWT atas perlakuan Fir'aun dan pasukannya yang menzalimi mereka. Mereka berdoa kepada Allah agar memelihara mereka dari kejahatan orang-orang yang zalim serta melindungi mereka dari upaya orang-orang yang ingin memalingkan mereka dari agama.

Bani Israil memohon kepada Allah agar mereka dilepaskan dari kekuasaan dan kekejaman Fir‘aun dan pemuka-pemuka kaumnya. Berabad-abad lamanya mereka dalam perbudakan Fir‘aun dan mereka mengalami kerja paksa dan pekerjaan kasar lainnya yang hina dan tidak berperikemanusiaan.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement