Kamis 30 Mar 2023 17:10 WIB

Mau Daftar SD, Anak di Luar Negeri Juga Harus Bisa Calistung?

Indonesia telah meniadakan tes calistung sebagai syarat masuk SD.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) mengunjungi museum (ilustrasi). Di usia PAUD, anak seharusnya menjalani persiapan kesiapan sekolah dan kesiapan untuk belajar literasi awal saja, bukan harus mahir calistung (baca, tulis, hitung).
Foto:

Untuk standar akademik, di level PAUD itu tidak menjadi penting karena yang dibutuhkan ialah penanaman dasar keterampilan belajarnya. Maka ketika mereka masuk ke jenjang pendidikan dasar dan pendidikan tinggi, fondasinya sudah sangat kuat, dan dapat berkembang dengan baik selama proses bersekolah.

Negera negara yang maju di area literasinya memiliki program yang kuat di dalam penanaman keterampilan belajar (study skills) dari PAUD sampai perguruan tinggi. Menurut Adi, Indonesia bisa seperti itu asalkan konsisten dan tidak rancu pemikiran maupun program di lapangan karena "ketakutan" yang berlebihan dalam ketertinggalan.

"Alhasil malah tidak efektif seperti selama ini," ujar Adi yang juga dosen Pendidikan Inklusif, Politeknik Pendidikan Bentara Citra Bangsa, Jakarta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement