Kamis 30 Mar 2023 13:11 WIB

Indonesia Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Wapres: Harus Terima dengan Ikhlas

FIFA telah memutuskan untuk mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Friska Yolandha
Potret kesedihan Timnas Indonesia U-20 setelah FIFA batalkan status tuan rumah Indonesia Piala Dunia U-20 2023.
Foto: Dok. PSSI
Potret kesedihan Timnas Indonesia U-20 setelah FIFA batalkan status tuan rumah Indonesia Piala Dunia U-20 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta semua pihak untuk menerima keputusan FIFA atas pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023. Ma'ruf menyebut, keputusan FIFA telah diputuskan dan harus dijalankan semua pihak.

"Saya kira ini memang sudah terjadi ya bahwa Indonesia tidak jadi penyelenggara untuk U20 ini sudah menjadi keputusan. Apapun harus kita terima dengan ikhlas," ujar Ma'ruf dalam keterangan persnya di sela kunjungan kerja ke Aceh, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga

Ma'ruf menyebut, batalnya penyelenggaraan Piala Dunia U20 di Indonesia juga bukan berarti kiamat bagi pesepakbolaan Indonesia. Menurutnya, masih ada event-event internasional yang bisa diikuti oleh pesepakbolaan Indonesia.

"Ini tidak berarti itu kiamat bagi dunia persepakbolaan Indonesia. Sebab FIFA tetap ingin membina sepakbola kita dan juga tentu event-event di internasional oleh sepakbola kita," ujar Ma'ruf.

 

Untuk itu, Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) ini mengajak semua pihak bangkit dan tetap bersemangat terhadap keputusan ini.

"Menurut saya keputusan batalnya penyelenggaraan U20 ini tidak boleh membut kita kemudian menjadi pesimis kemudian jadi patah semangat. DBON kita itu tidak boleh terganggu, dia harus berjalan dan pembinaan harus terus dan kita terus menjadi sepakbola yang punya reputasi yang baik," ujarnya.

Ma'ruf menegaskan, sepakbola Indonesia  juga harus mendunia baik di regional maupun internasional. Karena itu, dia kembali mengajak untuk semua pihak bangkit pascabatalnya perhelatan Piala Dunia U20 di Indonesia.

"Jadi peristiwa ini tidak boleh membuat kita kemudian kehilangan semangat seperti kiamat," ujarnya.

Indonesia dipastikan batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Ini menyusul pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. FIFA telah memutuskan untuk mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Dalam keterangan resminya yang diterima Republika.co.id, Rabu (29/3/2023) malam, FIFA menyatakan tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal penyelenggaraan turnamen yang saat ini masih belum berubah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement