Rabu 29 Mar 2023 17:16 WIB

Persiapan Mudik Lebaran, Dishub Bandung Cek Kelaikan Angkutan Bus

Selain di pul bus, Dishub Bandung akan melakukan ramp check di terminal.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung melakukan pemeriksaan kendaraan saat kegiatan ramp check di salah satu pul bus wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/3/2023).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung melakukan pemeriksaan kendaraan saat kegiatan ramp check di salah satu pul bus wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Jawa Barat, melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan pada kendaraan bermotor sebagai persiapan menghadapi arus mudik Lebaran. Ramp check ini untuk memastikan kelaikan jalan angkutan penumpang.

Kegiatan ramp check pertama kali dilakukan di pul perusahaan jasa transportasi Jackal Holidays di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (29/3/2023). Kepala Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kota Bandung Dede Agus Sumantri mengatakan, hasil pemeriksaan sementara ini, bus yang diperiksa dinilai laik jalan.

“Tidak ada temuan yang berarti dalam kondisi teknis kendaraan. Semua hampir layak operasi, sekitar 50 unit,” kata Dede di sela-sela kegiatan ramp check, Rabu (29/3/2023).

Pemilik Jackal Holidays, Rudy Ardianto Arifin, mengeklaim pihaknya rutin melakukan peremajaan bus pariwisata yang dikelola. Ia mengatakan, bus tertua yang dimiliki perusahaannya buatan 2018 dan baru sebentar digunakan akibat pandemi. “Kita punya bengkel perawatan. Setelah jalan (kendaraan) ada keluhan, dicek,” katanya.

 

Menurut Dede, pada ramp check ini perangkat kendaraan diperiksa, di antaranya bagian kemudi dan rem. “Pelanggaran yang biasa ditemukan dari kondisi teknis kendaraan itu unsur kemudi, lampu banyak temuan. Yang sifatnya sangat fatal terutama fokus fungsi kemudi dan rem,” kata Dede.

Dede mengatakan, pada H-7 Lebaran hingga H+7 angkutan penumpang untuk arus mudik dan balik kondisinya mesti siap beroperasi dan laik jalan.

Untuk mengecek kesiapannya, menurut Dede, ramp check akan terus dilakukan ke pul-pul bus dan terminal. “Sasaran kami untuk pertama, yaitu ke pul bus di Kota Bandung, sekitar 10 bus, termasuk pul bus pariwisata dan reguler. Kegiatan utama ramp check di terminal,” kata dia.

Dede mengatakan, kendaraan yang lulus ramp check akan diberi stiker sebagai tanda. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement