Rabu 29 Mar 2023 09:35 WIB

Telkom Dukung Digitalisasi Kawasan Jawa Timur Melalui Event Business Insight

Business Insight diharapkan memberikan pengalaman dan pengetahuan teknologi digital

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono A.KS., M.AP (kiri) dan EVP Telkom Regional V Djatmiko (kanan) pada pembukaan acara Business Insight di Surabaya, Selasa (21/3/2023).
Foto: Telkom Group
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono A.KS., M.AP (kiri) dan EVP Telkom Regional V Djatmiko (kanan) pada pembukaan acara Business Insight di Surabaya, Selasa (21/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai salah satu program dalam akselerasi digitalisasi nasional khususnya wilayah Jawa Timur dan sekitarnya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan kegiatan Business Insight yang mengusung tema “Accelerate Your Business Performance Through Digital Transformation”. Acara yang diselenggarakan di Surabaya, Selasa (21/3/2023) lalu, ini bertujuan untuk memberikan insight mengenai roadmap digitalisasi Jawa Timur serta sebagai komitmen Telkom dalam mendukung percepatan penerapan teknologi digital di sektor pemerintahan dan industri.

Turut hadir pada acara ini EVP Telkom Regional V Djatmiko dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono A.KS., M.AP, dan CEO Marketeers, Council MarkPlus, Inc., Iwan Setiawan. Kegiatan Business Insight kali ini juga menghadirkan tiga narasumber ahli pada sesi sharing session sebagai puncak acara, diantaranya Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Bapenda Provinsi Jatim Sungging Purwokoadi, SE., S.Sos., dengan materi Samsat 4.0 yang memanfaatkan produk digital Telkom Omni Communication Assistant (OCA) untuk SMS Blast.

Baca Juga

Narasumber kedua yaitu PGS Pimpinan Divisi Human Capital Bank Jatim Slamet Purwanto, yang menghadirkan sesi diskusi mengenai pengembangan SDM melalui transformasi digital yang memanfaatkan produk digital Telkom Pijar Corpu. Serta Deputy EVP CX & Digitization Telkom Fauzan Feisal yang membawakan materi terkait kerangka kerja dan pendekatan ekosistem digital.

Dalam sambutannya, EVP Telkom Regional V Djatmiko menyampaikan melalui penyelenggaraan acara Business Insight Telkom berharap dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan lebih dalam terkait pentingnya bertransformasi, memanfaatkan teknologi digital di semua sektor industri. Karena saat ini, digital banyak membuka potensi kerja sama dari berbagai aspek.

 

"Untuk itu TelkomGroup melalui ekosistem digital yang dimiliki berkomitmen untuk selalu mendukung akselerasi digital di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Djatmiko, dalam siaran persnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono A.KS., M.AP, memaparkan terkait strategi Jawa Timur dalam menghadapi digitalisasi, inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah, serta kebijakan dan implementasi SPBE. Guna mendukung papatan tersebut, pada kesempatan ini Telkom menyampaikan insight mengenai roadmap digitalisasi di wilayah Jawa Timur, pentingnya shifting dari tradisional ke digital, tren perkembangan teknologi digital baik skala global maupun lokal serta spesifik di area Jawa Timur, serta menyampaikan portofolio milik oleh TelkomGroup guna mendukung transformasi digital yang dilakukan pada masing-masing sektor.

Untuk memperkuat pemahaman peserta terkait produk digital Telkom, diadakan showcase berupa booth pameran di lokasi untuk dapat dilihat secara langsung selama kegiatan berlangsung. Para peserta dapat berinteraksi secara langsung ke masing-masing booth ekosistem digital Telkom, diantaranya MetaNesia (metaverse), TOMPS (project monitoring), Bigbox (big data), Flou (cloud), Antares (IoT), Netmonk (network monitoring), Sprinthink (pelatihan dan pengembangan SDM), Admedika (digital healthcare service), OCA (omnichannel communication/CRM), Pijar Corpu (pembangunan SDM), dan Metranet (solusi layanan digital services).

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjawab tantangan industri digital yang ada khususnya sektor pemerintahan dan industri di wilayah Jawa Timur serta mengakselerasi peningkatan produktivitas daerah melalui penyediaan layanan terbaik bagi masyarakat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement