Jumat 24 Mar 2023 19:13 WIB

Jangan Pernah Fobia Kaya atau Benci Duniawi, Justru Begini Tuntunan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW mengajarkan agar menguasai harta dan dunia

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi kekayaan. Rasulullah SAW mengajarkan agar menguasai harta dan dunia
Foto: ANTARA/Reno Esnir
Ilustrasi kekayaan. Rasulullah SAW mengajarkan agar menguasai harta dan dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk menjadi orang yang berkecukupan agar terlepas dari penderitaan hidup karena kekurangan harta benda, serta agar mampu menggunakan hartanya itu untuk beribadah di jalan Allah SWT. 

Dengan berkecukupan, mereka tidak perlu khawatir untuk mencari sesuap nasi dan menyibukkan diri hingga meninggalkan ibadah hanya untuk mencari nafkah. Rasulullah SAW bersabda: 

Baca Juga

إنَّ هَذَا الْمَالَ خَضِرٌ حُلْوٌ فَمَنْ أَخَذَهُ بِسَخَاوَةِ نَفْسٍ بُورِكَ لَهُ فِيهِ وَمَنْ أَخَذَهُ بِإِشْرَافِ نَفْسٍ لَمْ يُبَارَكْ لَهُ فِيهِ وَكَانَ كَالَّذِي يَأْكُلُ وَلَا يَشْبَعُ 

"Sesungguhnya harta itu sesuatu yang menarik dan manis. Maka barang siapa yg mengambilnya sesuai haknya dan menempatkan sesuai tempatnya maka sungguh ia akan menjadi penolongnya dan Barangsiapa yang mengambilnya namun tidak sesuai haknya maka dia laksana orang yang makan namun tidak kenyang." (HR Al Bukhari dan Muslim dari Abu Said Al Khudri)

Dikutip dari buku Syajarat al-Ma’arif, Imam Izzuddin bin Abdus Salam mengatakan, Rasulullah SAW memuji harta yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT karena dia akan menjadi sarana untuk dekat kepada Allah SWT. Dan karena sedekah akan menghapuskan dosa-dosa dan akan mengangkat derajat. 

Maka pujian terhadap harta dengan ungkapan "ni'ma" (sebaik-baiknya) mencakup pujian secara umum. Dan apa pun yang menjadi celaan terhadap dunia dan kesenangannya, maka itu dikatakan karena harta itu membuatnya sibuk dari mengingat Allah SWT, melalaikan dari ketaatan kepada Allah SWT dan membawa manusia pada perbuatan yang melampaui batas.

Baca jug: Muhammadiyah Resmi Beli Gereja di Spanyol yang Juga Bekas Masjid Era Abbasiyah

Oleh sebab itulah, celaan pada dunia dikarenakan ia sering mengantarkan manusia pada hal itu dan pujiannya sangatlah minim karena jarangnya orang yang menggunakannya sesuai dengan haknya. Dan, Allah SWT telah menetapkan bahwa menginfakkannya sebagai bentuk taqarrub.

 أَلَا إِنَّهَا قُرْبَةٌ لَهُمْ "Ketahuilah, sesungguhnya nafkah itu adalah suatu jalan bagi mereka untuk mendekatkan diri (kepada Allah)." (QS At Taubah ayat 99).

وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَلِأَنْفُسِكُمْ ۚ وَمَا تُنْفِقُونَ إِلَّا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تُظْلَمُونَ

"Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. Dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridhaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikit pun tidak akan dianiaya (dirugikan)." (QS Al Baqarah ayat 272).    

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement