Tips Agar tak Malas Baca Alquran Selama Ramadhan

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 23 Mar 2023 12:32 WIB

Baca Alquran saat Ramadhan Foto: Republika.co.id Baca Alquran saat Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan, merupakan bulannya Alquran. Umat islam dianjurkan untuk membaca kitab suci ini setiap hari, karena ada banyak keutamaan di dalamnya.

Pendiri Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Ricky Adrinaldi mengatakan, agar tidak malas membaca Alquran maka ini harus dijadikan agenda rutin. Kemudian membaca Alquran dapat dilakukan pada pagi hari.

Baca Juga

"Biar ngga malas baca Alquran. Jadikan agenda rutin yang harus dilakukan. Bila perlu masukkan dalam Daily Organizer kita. Tentukan waktunya. Prioritaskan pagi-pagi dahulukan baca Alquran agar waktu kita seharian jadi lapang," kata Ricky pada Rabu (22/3/2023).

Ricky Adrinaldi mengatakan, selama Ramadhan ODOJ menganjurkan 130 ribu odojernya dan kaum muslimin untuk tilawah Alquran sebanyak-banyaknya. Baik mereka yang biasanya satu juz, diusahakan menjadi dua atau tiga juz dalam sehari.

"Sehingga dalam selama Ramadhan bisa mengkhatamkan Alquran 2-3 atau bahkan sampai lima kali. Pahala tilawahnya luar biasa. Satu huruf 10 kebaikan. Di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Apalagi bisa mengkhatamkan lebih dari sekali," kata Ricky.

Ricky mengatakan, Imam Syafii di luar bulan Ramadhan beliau mengkhatamkan Alquran sekali sehari setiap malam. Sementara selama Ramadhan beliau fokus tilawah Alquran, sehingga sehari dua kali khatam, siang satu kali dan dilanjutkan malam satu kali. Bahkan kajian-kajian fiqih beliau tunda sampai setelah Ramadhan.

"Harapannya waktu selama Ramadhan diisi dengan tilawah jadi pembawa syafaat Alquran bagi kita nanti di yaumil akhir dan memudahkan urusan urusan kita dan kebiasaan baik ini berjalan terus istiqomah setelah Ramadhan. InsyaAllah," kata dia.

 

Terpopuler