Masjid Agung Kota Tasikmalaya akan Bagikan Santunan Beras Selama Ramadhan

Rep: Bayu Adji/ Red: Muhammad Hafil

Senin 20 Mar 2023 18:29 WIB

 Masjid Agung Kota Tasikmalaya akan Bagikan Santunan Beras Selama Ramadhan. Foto:  Warga mengantre untuk mendapatkan sejumlah komoditas dalam Operasi Pasar Murah di depan halaman Masjid Agung Baiturrahman, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (9/3/2023). Foto: Republika/Bayu Adji P Masjid Agung Kota Tasikmalaya akan Bagikan Santunan Beras Selama Ramadhan. Foto: Warga mengantre untuk mendapatkan sejumlah komoditas dalam Operasi Pasar Murah di depan halaman Masjid Agung Baiturrahman, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (9/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA -- Masjid Agung Kota Tasikmalaya telah menyiapkan sejumlah agenda yang akan dilakukan selama Ramadhan 1444 H. Selain agenda rutin yang biasa dilakukan, terdapat beberapa agenda lainnya yang telah disiapkan dewan kemakmuran masjid (DKM).

Ketua Harian DKM Masjid Agung Kota Tasikmalaya, KH Aminudin Bustomi mengatakan, akan ada beberapa kegiatan yang berbeda dibanding biasanya di Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Menurut dia, setiap Ramadhan, agenda seperti kuliah subuh, kuliah zuhur, pesantren kilat, itiqaf, hingga nuzulul quran, merupakan agenda yang rutin dilakukan. 

Baca Juga

"Tambahannya, kami juga akan memberikan santunan beras ke warga Kota Tasikmalaya yang kurang mampu. Kami sudah mendapat data dari pemerintah," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Senin (20/3/2023).

Kiai Aminudin mengatakan, pihaknya telah menyediakan sebanyak 2.023 paket berisi beras tiga kilogram. Beras itu akan disalurkan disalurkan secara pararel selama Ramadhan.

"Kami akan siapkan pola distribusinya agar tidak mengundang keramaian. Mungkin akan ada yang lansgung diantarkan ke penerima dan disalurkan melalui aparat RT setempat," ujar dia.

Selain itu, ia menambahkan, pihaknya juga akan menyiapkan santapan takjil dan nasi boks untuk warga yang hendak berbuka puasa di Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Takjil dan nasi boks itu dapat disediakan dari hasil kerja sama dengan Baznas Kota Tasikmalaya. 

Sementara itu, untuk menyambut kedatangan Ramadhan, DKM Masjid Agung Kota Tasikmalaya juga akan menggelar kegiatan tadarus on the street pada Selasa (21/3/2023). "Besok insyaallah di depan Masjid Agung Kota Tasikmalaya dan Taman Kota Tasikmalaya. Mudah-mudahan itu bisa dapat dilakukan sepanjang Ramadhan," kata Kiai Aminudin.