Hampir 1.000 Mubalig Diturunkan Selama Safari Ramadhan 2023 di Batam

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti

Sabtu 18 Mar 2023 18:31 WIB

Mubalig (ilustrasi). Kantor Kementerian Agama bersama persatuan mubalig di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, akan menurunkan hampir 1.000 mubalig untuk menyampaikan ceramah keagamaan selama Safari Ramadhan 2023. Foto: dok. Republika Mubalig (ilustrasi). Kantor Kementerian Agama bersama persatuan mubalig di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, akan menurunkan hampir 1.000 mubalig untuk menyampaikan ceramah keagamaan selama Safari Ramadhan 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Kantor Kementerian Agama bersama persatuan mubalig di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, akan menurunkan hampir 1.000 mubalig untuk menyampaikan ceramah keagamaan. Nantinya, para mubalig akan berceramah di masjid-masjid dalam kegiatan Safari Ramadhan 2023.

"Kami bersama Persatuan Mubaligh Batam (PMB) sudah menyusun jadwal untuk pelaksanaan Safari Ramadhan untuk masjid dan mushola se-Kota Batam. Hampir 1.000 mubalig yang turun selama puasa," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnain di Batam, Sabtu (18/3/2023).

Baca Juga

Dia mengimbau pengelola media seperti radio dan televisi menyiarkan ceramah keagamaan selama bulan Ramadhan. "Kultum Ramadhan itu seperti menjelang buka puasa, kemudian juga dialog-dialog seputar Ramadhan," kata dia.

Selain itu, Zulkarnain mengatakan bahwa Kantor Kementerian Agama Kota Batam sudah menyiapkan jadwal imsakiyah selama bulan Ramadhan. "Kami sudah mengeluarkan jadwal imsakiyah, tapi sifatnya imsakiyah ini penetapan 1 Ramadhan-nya tetap mengikuti keputusan pemerintah pusat. Jadi tetap menunggu pengumuman resmi dari Kemenag RI," kata dia. Dia menyebut, Kantor Kementerian Agama Kota Batam, juga telah mengeluarkan panduan mengenai perhitungan zakat fitrah dan zakat mal berdasarkan keputusan majelis ulama.