Kamis 16 Mar 2023 18:19 WIB

Foto Serpens Catus Viral, Apakah Kucing Ular Amazon Betul-Betul Ada?

Foto kucing ular Amazon alias Serpens catus beredar luas di dunia maya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Foto hewan yang disebut Serpens catus, kucing ular Amazon. Foto ini diunggah akun Twitter Jeff_kamara2 pada 14 Maret 2023
Foto: Dok Jeff_kamara2/Twitter
Foto hewan yang disebut Serpens catus, kucing ular Amazon. Foto ini diunggah akun Twitter Jeff_kamara2 pada 14 Maret 2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Foto "kucing ular Amazon" beredar luas di internet dan membuat warganet bertanya-tanya mengenai keberadaannya. Serpens catus, yakni seekor kucing dengan garis-garis hitam dan neon-kuning menyerupai ular, yang diperlihatkan di foto tersebut diklaim sebagai spesies kucing paling langka di Bumi.

"Hewan-hewan ini hidup di daerah yang sulit dijangkau di hutan hujan Amazon, dan oleh karena itu mereka relatif kurang dipelajari," tulis seorang pengguna Twitter, dilansir New York Post, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga

Foto pertama yang menangkap kucing ular itu baru muncul pada 2020. Kucing ular tersebut diperkirakan beratnya mencapai 25,4 kg.

 

Satu unggahan berjudul "Serpens Cattus" yang sudah dihapus di Reddit juga penah menarik perhatian beberapa komentator. Mereka menandai kucing itu sebagai sesuatu yang tidak nyata.

"Jelas palsu. Tidak ada gen yang dapat menghasilkan rambut atau bulu alami dengan warna (biru tua dan kuning cerah) itu," tulis seorang warganet.

"Usaha yang sangat kasar untuk nama Latin palsu," tulis warganet lain.

Lalu, apakah Serpens catus betul-betul ada?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement