Rabu 15 Mar 2023 22:49 WIB

Pidato Guru Besar Hasyim Muhammad UIN Walisongo: Filsafat Juga untuk Kemanusiaan

Dr Hasyim Muhammad dikukuhkan sebagai guru besar ilmu fikih UIN Walisongo

Rep: S Bowo Pribadi / Red: Nashih Nashrullah
Prof Dr Hasyim Muhammad MAg Sebagai guru besar bidang Ilmu Fikih, dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis UIN Walisongo ke 53, di Gedung Tgk Ismail Yaqub Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo Semarang, Rabu (15/3).
Foto: Dok. Republika
Prof Dr Hasyim Muhammad MAg Sebagai guru besar bidang Ilmu Fikih, dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis UIN Walisongo ke 53, di Gedung Tgk Ismail Yaqub Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo Semarang, Rabu (15/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG— Prof Dr Hasyim Muhammad MAg resmi melengkapi guru besar bidang Ilmu Fikih Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Sidang Senat Terbuka UIN Walisongo telah mengukuhkan Prof Dr Hasyim Muhammad MAg Sebagai guru besar bidang Ilmu Fikih, dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis UIN Walisongo ke 53, di Gedung Tgk Ismail Yaqub Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo Semarang, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga

Dalam Orasi ilmiah berjudul ‘Mengembalikan Filsafat sebagai Basis Nalar Keislaman’, Prof Hasyim Muhammad menyampaikan tentang signifikansi filsafat sebagai alat studi ilmu- ilmu keislaman dengan beragam kritik terhadap kelemahannya.

Dalam penjelasannya, Prof dr Hasyim Muhammad, yang juga Dekan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang ini, juga mengungkapkan beberapa alternatif pendekatan untuk menyempurnakannya.

Prof Hasyim menyampaikan, filsafat tidak hanya bergerak pada wilayah manṭīqiyyah (logika) ṭabī’iyyah dan ilāhiyyah (ketuhanan), tetapi juga dapat menjangkau dimensi tārīkhiyyah (kesejarahan) dan insaniyah (kemanusiaan).

Dengan pendekatan Ilmu ilmu sosial akan membawa kajian keislaman menjadi lebih membumi dan masuk pada wilayah kemanusiaan dan mengantarkannya berdialektika dengan masalah kemanusiaan yang majemuk dan bergerak dinamis.

Manusia adalah objek tradisi keagamaan dan pemahaman terhadap manusia mutlak diperlukan. “Maka penting pendekatan ilmu kemanusaian dalam bergama, untuk mengungkap dimensi kemanusiaan yang melekat pada masing- masing individu,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor UIN Walisongo, Prof Dr Imam Taufiq MAg menyampaikan, pencapaian guru besar ini sudah diraih Prof Dr Hasyim Muhammad dengan sungguh- sungguh dan mujahadah yang luar biasa.

Menurutnya, Prof Hasyim memiliki visi keulamaan dengan judul orasi ilmiahnya tentang Mengembalikan Filsafat sebagai Basis Nalar Keislaman.

Hal ini mengingatkannya pada tulisan Ibnu Rusyd, bahwa Filsafat adalah upaya untuk menemukan jalan, menemukan Allah yang Mahasegalanya. “Maka apa yang diciptakan Allah, hakikatnya, untuk mengetahui Tuhan yang sebenarnya,” kata Imam Taufiq.

Baca juga: Muhammadiyah Resmi Beli Gereja di Spanyol yang Juga Bekas Masjid Era Abbasiyah

Sehingga, lanjut Rektor, ketika mengkaji alam dan seisinya maka akan tepat jika dikaji dengan ayat Alquran melalui filsafat, ada kewajiban kita untuk memberdayakan alam, penyertaan filsafat ini untuk memahami alam dan seisinya dan nalar digunakan dalam berbagai konteks.

“Hari ini kita melihat pemikiran Prof Hasyim sebagai pemikiran mainstream untuk berfikir komprehensif dalam ilmu keislaman,” kata dia.

Dalam pengarusutamaan filsafat, lanjutnya, sinergi yang tepat yang sudah dilakukan UIN Walisongo menjadikan paradigma unity of sciences dalam pijakan akademik dan keilmuan.

Ilmu umum dan agama yang bersumber dari Allah SWT dan ini bentuk humanisasi ilmu agama dan umum serta kearifan lokal menjadi kajian keislaman dalam UIN Walisongo. Filsafat tidak bisa terpisahkan dengan ilmu lain,” kata dia.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement