Ahad 12 Mar 2023 15:05 WIB

Jelang Arus Mudik, PLN Perbanyak Charging Station di Jalur Non-Tol

PLN mengantisipasi lonjakan pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Petugas memeriksa mobil yang melakukan pengisian listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (21/9/2022).
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
Petugas memeriksa mobil yang melakukan pengisian listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (21/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengantisipasi lonjakan pemudik yang menggunakan kendaraan listrik pada tahun ini. Selain mengoperasikan SPKLU di jalur tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, PLN berencana memperbanyak SPKLU di jalur non-tol dan memperbanyak SPBKLU.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan saat ini sudah ada 616 SPKLU baik di jalur tol maupun titik fasilitas publik di seluruh Indonesia yang bisa dimanfaatkan pemudik dengan mobil listrik. Sedangkan untuk pemudik motor listrik, kata dia jumlah SPBKLU yang tersedia sudah ada 70 unit.

Baca Juga

"Kami akan perbanyak SPKLU lagi dan khusus untuk SPBKLU kita akan kebut hingga 1.000 unit agar masyarakat pengendara motor listrik bisa mudik dengan tenang," ujar Darmawan di Kantor PLN, Jumat (10/3/2023).

Darmawan juga menyarankan para pemudik motor listrik bisa memanfaatkan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Bagi motor listrik bisa melakukan pengisian daya melalui SPLU dengan waktu isi empat jam.

"Kami sudah lakukan pemetaan hingga ke depannya pemudik bisa lewat tol bisa juga lewat non-tol. Kita akan kebut," ujar Darmawan.

Untuk SPKLU, kata Darmawan sudah tersedia di jalur Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera yang bisa dimanfaatkan pengguna mobil listrik. Rest area sepanjang Jakarta-Cirebon, Semarang-Solo, serta Surabaya-Banyuwangi sudah tersedia ratusan SPKLU.

"Kami bekerja sama dengan banyak pihak untuk bisa segera memperbanyak charging station ini," kata Darmawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement