Sabtu 11 Mar 2023 07:00 WIB

Ajak Majelis Taklim dan Warga Langkat, Usbat Ganjar Gelar Pelatihan Shalat Istikharah

Pelatihan dimulai dengan penjelasan tentang pengertian dan makna salat istikharah.

Sejumlah warga Langkat, Sumatra Utara mengikuti praktik pelatihan salat istikharah, Jumat (10/3/2023).
Foto: Dok. USG
Sejumlah warga Langkat, Sumatra Utara mengikuti praktik pelatihan salat istikharah, Jumat (10/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAT -- Kelompok Ustadz Sahabat (Usbat) Sumatra Utara (Sumut) menggelar agenda positif istigasah, dzikir, dan pelatihan shalat istikharah di wilayah Kelurahan Brandan Barat, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat, Jumat (10/3/2023). Momen ini menarik minat masyarakat maupun jemaah majelis taklim setempat untuk lebih memahami mengenai ibadah tersebut.

Pelatihan dimulai dengan penjelasan tentang pengertian dan makna shalat istikharah, waktu terbaik melaksanakan, hingga tata cara salat melalui praktik langsung.

Baca Juga

"Jadi, sesuai dengan program yang kami buat bahwa di sini akan dilaksanakan shalat istikharah. Karena salat sunah ini sebenarnya jarang dilakukan," ujar Ahmad Dairobi mewakili Koordinator Wilayah Usbat Sumut.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menguatkan pemahaman masyarakat khususnya ibu-ibu majelis taklim agar melaksanakan ibadah sunnah tersebut sesuai syariat.

 

Dairobi berharap dengan adanya pelatihan salat istikharah ini bisa diamalkan oleh masyarakat dan majelis taklim setempat sehingga bisa meraih ketenangan, memantapkan hati untuk memilih salah satu dari dua pilihan melalui pertolongan-Nya.

"Harapan kami agar supaya masyarakat yang ada di tempat ini lebih mengutamakan dan mementingkan kepada tuhannya, jangan kepada selain Allah SWT," kata Dairobi.

Selain itu, mereka turut mendoakan agar Bangsa Indonesia selalu menjunjung persatuan, terhindar dari perpecahan, sehingga menciptakan negeri yang aman, dan damai. Ketua Majelis Taklim Babul Ilmi Kelurahan Brandan Barat Sri Dewi mengapresiasi langkah Usbat dalam mengedukasi masyarakat dan jemaah majelis taklim.

"Menurut saya pelatihan-pelatihan sepeti ini sudah sangat jarang ya jadi untuk anak-anak remaja masjid juga atau untuk anggota-anggota majelis taklim juga bisa menambah pengetahuan," kata Sri Dewi.

Sebelumnya, di provinsi yang sama, tepatnya Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Usbat telah menggelar istigosah dan doa bersama untuk kebaikan bangsa dan negara Indonesia. Santunan untuk puluhan anak yatim dan kaum dhuafa turut dilakukan. 

"Kami berdoa agar Indonesia lebih maju, makmur, sejahtera, serta selamat dari marabahaya," Ahmad Thalhah, selaku koodinator seperti dilansir dari Antara

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement