Kamis 09 Mar 2023 09:16 WIB

BMKG Ungkap Potensi Cuaca DIY Hari Ini

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta meminta masyarakat agar tetap waspada.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Ruang pengawasan BMKG (ilustrasi)
Foto: Antara Foto
Ruang pengawasan BMKG (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi di sebagian wilayah DIY, Kamis (9/3/2023) ini. Potensi hujan tersebut juga dapat disertai dengan kilat atau petir, serta angin kencang.

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono mengatakan bahwa potensi hujan tersebut dapat terjadi di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan sebagian wilayah di Kabupaten Kulonprogo. Untuk itu, ia pun meminta masyarakat agar tetap waspada.

"Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir, dan angin kencang di Kota Yogyakarta, Sleman, Kulonprogo bagian Utara," kata Warjono, Kamis (9/3/2023).

Warjono menyebut, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di beberapa wilayah DIY itu diperkirakan terjadi pada siang hingga sore hari. Sedangkan, untuk kondisi cuaca di pagi hari di DIY sendiri berawan. "Malam hari berawan. Dini hari potensi hujan ringan di Gunungkidul bagian selatan, Bantul bagian selatan, dan Kulonprogo bagian selatan," ujar Warjono.

 

Sementara itu, untuk perkiraan tinggi gelombang laut di perairan DIY pada Kamis ini juga berkisar antara 1,25 meter hingga 2,5 meter. Artinya, kata Warjono, perkiraan tinggi gelombang laut masuk dalam kategori sedang. "Angin dari arah barat daya–barat laut dengan kecepatan maksimum 23 kilometer per jam," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement