Rabu 08 Mar 2023 22:42 WIB

Prudential Gandeng Siloam Hadirkan Pap Smear di Kampung Buaran Tangerang

Layanan Pap smear tanpa biaya bagian dari perayaan Hari Perempuan Internasional

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bekerja sama dengan Siloam Hospitals Lippo Village mengajak keluarga pra-sejahtera di Desa Maju Prudential di Kampung Buaran, Kecamatan Mauk, Tangerang, Banten, untuk mendeteksi dini penyakit kritis. Salah satunya berupa kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan Pap smear tanpa biaya sebagai rangkaian perayaan hari Wanita Internasional yang jatuh pada 8 Maret 2023.

Kanker serviks atau kanker leher rahim selama ini menempati urutan kedua setelah kanker payudara, dari total kasus kanker tertinggi pada wanita di Indonesia dan termasuk penyakit yang mengakibatkan pengeluaran besar karena tingginya biaya pengobatan . Di Indonesia, di 2020 saja terdapat 36.633 kasus kanker serviks dengan angka kematian yang terus meningkat. 

Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia Karin Zulkarnaen mengatakan ibu merupakan salah satu pilar utama yang menopang keluarga  termasuk mengatur pengeluaran rumah tangga. Sehingga layanan Pap smear tanpa biaya ini menjadi hadiah spesial dalam rangka Hari Wanita Internasional bagi ibu-ibu di Desa Maju Prudential.

"Layanan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah penyebaran kanker serviks untuk membantu keluarga merangkai masa depan yang lebih cerah, mengobati sejak dini sebelum penyakit semakin buruk, sekaligus membantu pemerintah menekan angka kanker serviks di Indonesia," ucap Karin Zulkarnaen.

 

Karin menyatakan kegiatan ini merupakan wujud komitmen Prudential Indonesia dalam bidang Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST). Hal ini untuk mendukung keberlanjutan dan pemberdayaan masyarakat sejalan dengan visi perusahaan untuk mewujudkan masyarakat lebih sehat, lebih sejahtera, sehingga mereka bisa yakin melangkah ke masa depan dan mendapatkan yang terbaik dalam kehidupan. 

Acara ini sekaligus mengedukasi masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan dengan melakukan pencegahan serta deteksi dini. Prudential juga memiliki produk yang memberikan perlindungan terhadap penyakit kritis yang kian diminati oleh masyarakat.

Layanan papsmear ini dapat terwujud berkat kerja sama dengan Siloam Hospitals Lippo Village. Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan Rumah Sakit Siloam Hospitals Lippo Village Julita DL Nainggolan,

kanker serviks sering juga disebut sebagai silent killer dimana penyakit ini umumnya tidak menimbulkan gejala di stadium awal. 

Oleh karena itu, pemeriksaan Pap smear berperan sangat penting untuk deteksi dini agar dapat dilakukan penanganan secara optimal. Sebanyak 30 ibu-ibu di Desa Maju Prudential berpartisipasi dalam layanan ini, yang merupakan sebagian dari banyak program yang telah dilakukan Prudential Indonesia untuk membuat masyarakat di desa Mauk yang merupakan desa pra-sejahtera agar lebih berdaya.

Chief HR Community Investment, Risk & Compliance Officer Prudential Syariah Indrijati Rahayoeningtyas mengatakan, desa Maju Prudential merupakan bagian dari pilar Community Investment Prudential yang siberdayakan sejak dua tahun lalu. Hal ini melalui pembangunan fasilitas layak tinggal untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di sini.

Desa Maju Prudential telah hadir dari 2020 hingga sekarang dan sebanyak 83 rumah warga pra-sejahtera, 3 sarana air bersih, 30 toilet pribadi telah dibangun. Kami juga merenovasi 3 sekolah, mengadakan pelatihan WASH (Water, Sanitation, and Hygiene) supaya mereka memiliki hidup yang bersih dan sehat. Agar lingkungan sekitar rumah tetap bersih dan sehat, kami membuat program pelatihan konstruksi renovasi dan pemeliharaan rumah sehat. 

"Tak hanya itu, kami juga memberikan edukasi dan pemberdayaan bagi masyarakat setempat seperti pelatihan literasi keuangan bagi anak-anak dan komunitas ibu-ibu di Mauk, penyuluhan dan konsultasi kesehatan gratis.”

Program Desa Maju Prudential di Desa Mauk, Tangerang ini disambut baik dan mendapatkan apresiasi sebagai panutan di kancah internasional, dengan mendapatkan Penghargaan Platinum untuk Program Komunitas Terbaik dalam event 13th Global CSR Summit and Awards 2021 oleh Pinnacle Group Global, sebuah penghargaan bertaraf internasional di bidang Corporate Social Responsibility.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement