Jumat 03 Mar 2023 08:16 WIB

BMKG Prediksi Curah Hujan DIY Tiga Hari ke Depan

Masyarakat diimbau tetap waspada potensi cuaca ekstrem.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Hujan (ilustrasi)
Foto: republika
Hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi bahwa tiga hari kedepan potensi curah hujan mulai berkurang di DIY. Kondisi tersebut diperkirakan terjadi pada 3-5 Maret 2023.

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono mengatakan, berkurangnya curah hujan dipicu oleh beberapa hal. Pemicu pertama yakni adanya pusat tekanan rendah di utara Australia dan di Samudera Hindia sebelah barat perairan Australia.

Selain itu, sirkulasi siklonik di sekitar perairan Natuna yang berpotensi menghambat aliran udara basah dari Asia, juga menjadi pemicu berkurangnya curah hujan.

"Pola angin baratan cukup mempengaruhi pola cuaca di sebagian besar wilayah Jawa, termasuk wilayah DIY," kata Warjono, Kamis (2/3/2023).

Meski demikian, pihaknya juga mengidentifikasi bahwa profil vertikal kelembaban udara yang cukup tinggi sekitar 60-80 persen, serta labilitas lokal pada siang hari yang cukup kuat, turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di wilayah DIY.

Kondisi-kondisi tersebut, katanya, masih dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem dalam periode satu sampai dua hari kedepan. Dengan begitu, pihaknya juga memperkirakan bahwa potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, bahkan dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang masih dapat terjadi.

"Untuk periode tanggal 3-5 Maret 2023 dapat terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat di wilayah DIY," ujarnya.

Pihaknya memperkirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat terjadi di Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Bantul bagian selatan, dan Kabupaten Gunungkidul bagian selatan pada tanggal 3 Maret.

"Pada 4 Maret potensi curah hujan dapat terjadi di Sleman dan Kulon Progo, dan tanggal 5 Maret diprediksi nihil," jelas Warjono.

Untuk itu, Warjono mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi adanya cuaca ekstrem yang dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi. Yakni berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang dan puting beliung.

"Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi (diimbau tetap waspada)," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement