Rabu 01 Mar 2023 10:37 WIB

Dulu Laporkan Anies ke KPK, Ketua DPRD DKI Kini Jadi Panitia Formula E

Bamsoet berharap, Prasetyo Edi tak lagi galak menyerang Formula E karena menjadi SE.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi kini menjadi panitia Formula E 2023, padahal dulunya kerap menyerang dan bahkan melaporkan Anies ke KPK terkait perhelatan Formula E 2022.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi kini menjadi panitia Formula E 2023, padahal dulunya kerap menyerang dan bahkan melaporkan Anies ke KPK terkait perhelatan Formula E 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi masuk dalam kepanitiaan Formula E 2023. Ajang balapan mobil listrik tersebut bakal berlangsung di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara pada 3 dan 4 Juni 2023.

Jika pada perhelatan pertama pada 2022, Prasetyo kerap menyerang bahkan melaporkan Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait perhelatan Jakarta E-Prix 2022. Kini politikus PDIP tersebut malah menjadi anggota steering committee (SE) panitia Formula E Jakarta 2023.

Ketua SC Formula E Jakarta, Bambang Soesatyo (Bamsoet) berpesan, dengan bergabungnya Prasetyo dalam kepanitian maka diharapkan yang bersangkutan tidak lagi mengkritik Formula E 2023. Apalagi, dalam kepanitiaan juga ada Wali Kota Medan Bobby Nasution yang juga kader PDIP.

"Saya sendiri adalah Ketua SC, didampingi oleh Sahroni sebagai Sekjen SC sekaligus Sekjen IMI Pusat. Lalu, ada Bobby Nasution sebagai Wakil SC ada Pak Tinton, Gelael, Eko dan ada Pras (Ketua DPRD DKI Jakarta)," kata Bamsoet dalam konferensi pers di Ancol, Jakarta Utara pada Selasa (28/2/2023).

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu menekankan, bergabungnya Prasetyo ke dalam jajaran SC agar tidak galak dalam menyerang perhelatan Formula E 2023 yang diadakan Pemprov DKI. "Mudah-mudahan Pras nanti tidak galak-galak lagi, Ketua DPRD DKI Jakarta," kata Bamsoet.

Politikus Partai Golkar itu menegaskan, Prasetyo yang tidak hadir di acara itu menitipkan pesan kepada masyarakat bahwa kali ini ia mendukung kesuksesan balapan Formula E 2023 yang berlangsung dua kali. "Saya tadi dititipin salam Om Pras, tolong sampaikan kepada kawan-kawan wartawan, 'kalau saya mendukung kegiatan ini'," ujar Bamsoet menirukan Prasetyo.

Ketua MPR Bamsoet bersama PT Jakarta Propertindi (JakPro), Artha Graha Group, dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang mematangkan persiapan Jakarta E-Prix 2023 (Formula E) yang akan diselenggarakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol pada 3 dan 4 Juni 2023.

Pantiia membahas teknis skema business to business, mengingat Jakarta E-Prix 2023 tidak menggunakan APBD ataupun APBN, melainkan murni dari dana swasta melalui sponsorship. Karena itu, panitia bekerja keras menggandeng swasta termasuk BUMN agar mau mensponsori kegiatan tersebut.

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, promosi Jakarta E-Prix 2023 harus digencarkan secara maksimal. Termasuk menjadikan Jakarta E-Prix 2023 bukan hanya sebagai ajang olahraga, melainkan juga sebagai pendorong pembakit pertumbuhan ekonomi. HIPMI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Akbar Himawan Buchari akan turun langsung membantu penyiapan booth UMKM dan entertainment di kawasan Ancol," kata Bamsoet usai rapat persiapan Jakarta E-Prix 2023, di Jakarta, Senin (27/2/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement