Senin 20 Feb 2023 21:58 WIB

Menkes: Penyakit Menular Sudah Bergeser Dari Covid-19

Penyakit menular yang kini jadi perhatian ialah seperti TBC hingga HIV.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Friska Yolandha
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, situasi penyakit menular di Indonesia sudah bergeser dari Covid-19 ke penyakit-penyakit menular sebelumnya.
Foto: Republika/Nawir arsyad akbar
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, situasi penyakit menular di Indonesia sudah bergeser dari Covid-19 ke penyakit-penyakit menular sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, situasi penyakit menular di Indonesia sudah bergeser dari Covid-19 ke penyakit-penyakit menular sebelumnya. Dia mencontohkan, beberapa penyakit yang kini kembali menjadi perhatian setelah Covid-19 mereda adalah TBC, HIV hingga malaria.

“Dan sekarang kan ada beberapa ada outbreak kecil-kecilan karena memang kemarin vaksinasinya sempat tertunda,” kata Budi kepada awak media di Jakarta, Senin (20/2/2023). 

Baca Juga

Sebelumnya, dia menjelaskan, memang ada sedikit kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir disebabkan oleh varian baru virus tersebut. Kenaikan kasus ditegaskan bukan karena mobilitas massa yang mulai tak dibatasi oleh pemerintah.

"Sebetulnya kesimpulan berbasis sains yang kita amati, kenaikan kasus itu terjadi karena adanya varian baru. Bukan karena mobilitas atau ada acara-acara, tetapi selalu ada varian baru yang seperti kita lihat, saat delta terjadi ada varian delta kasusnya naik di Indonesia," ujarnya saat rapat kerja dengan Komisi IX.

Menyoal varian Kraken, kata dia, memang akan terus terjadi ke depannya. Sebab, kebiasaan virus memang terjadi tergantung inangnya.

“Jadi virus itu akan bermutasi selalu semakin lemah supaya host-nya tidak cepat mati,” ucap dia. 

Dia menambahkan, pihaknya tidak akan terlalu khawatir dengan varian Kraken. Namun demikian, dia meminta agar masyarakat tetap berhati-hati ke depannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement