Ahad 19 Feb 2023 12:06 WIB

Komisi III DPR Dukung Langkah Polri Buka Lagi Kasus Indosurya

Langkah membuka kasus Indosurya tepat karena banyak masyarakat yang dirugikan.

Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil mendukung Polri membuka penyelidikan lagi atas Indosurya.
Foto: istimewa/doc humas
Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil mendukung Polri membuka penyelidikan lagi atas Indosurya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Langkah Kepolisian untuk mengusut lagi perkara hukum Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya dinilai sudah tepat. Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil menilai banyak masyarakat yang menjadi korban dari Indosurya.

“Saya kira langkah itu sudah tepat. Ternyata banyak kasus Indosurya itu. Pencucian uang juga diduga seperti itu, uang nasabah juga,” kata Nasir, Ahad (20/2/2023).

Diungkapkannya, setelah melihat kasus Indosurya, layak jika nantinya pelaku dihukum berat. “Banyak uang nasabah yang tidak kembali,” ungkapnya.

Dalam perkara Indosurya, Polisi telah membuka kembali penyelewengan dana KSP Indosurya. Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto, menyebut pihaknya mulai melakukan penyelidikan atas enam laporan yang dibuka kembali.

Agus menyebut polisi sudah memiliki saksi, korban dan barang bukti, yang terjadi di waktu dan tempat yang berbeda.

Sementara Kejaksaan Agung juga melakukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atas vonis lepas yang dijatuhkan kepada Bos Indosurya, Henry Surya. Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejakgung Ketut Sumedana, menyebut, vonis lepas Henry Surya adalah kekeliruan hakim dalam menerapkan hukum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement