Senin 13 Feb 2023 22:10 WIB

Jelang Idul Fitri, Menparekraf Siapkan 15 Titik Posko Mudik Termasuk di Destinasi Wisata

Posko mudik Idul Fitri disiapkan dari Lampung hingga Jawa Timur.

Sejumlah pemudik turun dari pesawat saat tiba di Bandara El Tari Kupang, NTT.
Foto: ANTARA/Kornelis Kaha
Sejumlah pemudik turun dari pesawat saat tiba di Bandara El Tari Kupang, NTT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, telah menyiapkan 15 titik posko mudik dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 2023. Adapun posko tersebut tersebar di Lampung hingga Jawa Timur, termasuk jalur alternatif, jalur lintas selatan (JLS) yang juga disiapkan dengan destinasi wisata.

"Dan kita akan buat tim monitoring karena ini ada the mother of all movement of domestic tourist," ujar Sandiaga dalam 'The Weekly Brief with Sandi Uno' yang digelar di Jakarta, Senin (13/2/2023).

Baca Juga

Pihaknya pun bakal memastikan sebanyak setengah dari 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara ini bisa terjadi pada saat liburan Lebaran dan Idul Fitri 2023. "Kami akan mengeluarkan surat edaran untuk protokol-protokol yang harus dipatuhi, termasuk protokol kesehatan, keselamatan, dan penyelenggaraan kegiatan pariwisata, dan keberlanjutan lingkungan,'' paparnya.

Untuk itu, ia pun mengimbau para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM bersiap menyambut Idul Fitri, meski perayaan masih beberapa bulan ke depan namun persiapannya harus dilakukan sesegera mungkin. Sementara itu, dari sisi infrastruktur, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan atau Cisumdawu, yang terdiri dari seksi satu hingga enam, bisa dioperasikan pada akhir Februari 2023.

"Cisumdawu menurut laporan Pak Menteri PUPR, akhir Februari 2023 sudah bisa dioperasikan. Jadi berita optimisnya akhir Februari, Cisumdawu akan selesai," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin.

Apabila fungsional Tol Cisumdawu dari seksi empat hingga lima bisa dilakukan pada akhir Februari 2023, maka ada kemungkinan bisa digunakan untuk menunjang aktivitas arus mudik Lebaran 2023.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement