Senin 13 Feb 2023 04:35 WIB

BKKBN: Angka Stunting di Jatim Turun Jadi 19,2 Persen

Penurunan itu merupakan prestasi yang luar biasa.

Sejumlah ibu menyuapi anaknya dengan makanan yang didapat dari program Gerakan Masyarakat Peduli Anak Stunting (Germas Pas) di Kantor Kelurahan Asemrowo, Surabaya, Jawa Timur. (ilustrasi)
Foto: Antara/Didik Suhartono
Sejumlah ibu menyuapi anaknya dengan makanan yang didapat dari program Gerakan Masyarakat Peduli Anak Stunting (Germas Pas) di Kantor Kelurahan Asemrowo, Surabaya, Jawa Timur. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo mengungkapkan angka stunting di Provinsi Jawa Timur turun menjadi 19,2 persen pada 2022.

"Pada 2021 angka stunting di Jatim sebesar 23,5 persen dan pada 2022 mengalami penurunan yang sangat signifikan, yaitu turun 4,3 persen menjadi 19,2 persen," kata Hasto dalam kegiatan Edukasi 1.000 Bidan dan Intervensi Stunting di Surabaya.

Dikatakan penurunan itu merupakan prestasi yang luar biasa, karena Jatim merupakan provinsi dengan jumlah pendudukan besar. Namun angka stunting-nya di bawah 20 persen.

Jumlah ibu hamil di Jatim masih lebih dari 500 ribu dalam satu tahun. Meski begitu, angka ini masih di bawah Provinsi Jawa Barat yang berada di angka 850 ribu lebih.

 

 

Ia menjelaskan, berbicara tentang stunting artinya berbicara dengan alat reproduksi dan berbicara tentang persiapan kesehatan perempuan sebelum hamil.

Menurut Hasto, di sinilah pentingnya peran bidan dalam penurunan stunting. "Karena peran bidan dalam mendampingi dan memberi penyuluhan pada ibu hamil, tingkat stunting di Jatim saat ini bisa turun di bawah 20 persen," kata dia.

Hasto menegaskan, WHO mengamanahkan bahwa maksimal angka stunting adalah 20 persen. "Sebagai provinsi yang angka stunting-nya besar, tapi bisa turun di bawah 20 persen, saya rasa ini perkembangan besar," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan wilayahnya butuh percepatan prevelensi stunting untuk mencapai target 14 persen yang ditetapkan Presiden Joko Widodo di 2024.

Karenanya, gubernur perempuan pertama Jatim itu menekankan efektifnya intervensi para bidan dalam menurunkan angka stunting agar dapat mencapai target yang ditetapkan Presiden Jokowi.

"Pemprov Jatim sering kali mengundang ibu hamil dan anak-anak untuk menerima penyuluhan dan bantuan gizi. Kami juga selalu menekankan pentingnya gizi seimbang bagi anak-anak. Angka 14 persen ini bukan sekadar target, tapi menentukan masa depan bangsa," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement