Rabu 08 Feb 2023 10:29 WIB

Ratusan Peserta Semarakkan Festival Anak Saleh 2023 di Darunnajah Cipining

Festival Anak Saleh di Darunnajah Cipining dakwahkan kearifan Islam.

Festival Anak Sholeh di Darunnajah Cipining Bogor
Foto: Darunnajah
Festival Anak Sholeh di Darunnajah Cipining Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah dan Raudhatul Athfal Darunnajah 2 Cipining mengadakan Festival Anak Sholeh (FAS) Ketiga. Festival ini dibuka dan diresmikan oleh Pengawsas Pesantren, Ustadz Atijan Yani, S.Pd.I dan dihadiri oleh Pimpinan Pesantren Darunnajah 2 Cipining, bapak K.H. Jamhari Abdul Jalal, Lc. di lapangan upacara kampus 3.

FAS Ketiga yang diikuti tidak kurang dari 480 siswa/i MI/SD dan RA/TK ini akan berlangsung selama 5 hari. Terhitung dari Selasa – Sabtu, 07 – 11 Februari 2023.

Festival ini diikuti oleh peserta yang berasal dari 17 MI/SD dan 5 RA/KB/TPQ (PAUD) sekolah dari kecamatan Cigudeg,  Jasinga dan lainnya. Adapun lomba yang diadakan meliputi bidang ilmiah dan ketrampilan diantaranya: Hafalan Surat Pendek (HSP), Hafalan Do’a Harian (HDH), Lomba Cerdas Cermat (LCC), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) Juz 30, Pidato,  Adzan & Iqomat, Menggambar, Mewarnai, Kaligrafi dan Praktek Sholat. Juga cabang olahraga: Badminton, Voli, Futsal, Berenang, Memamanah, Lari Sprint, Lompa Jauh, dan Tenis Meja.

Tujuan dilaksanakannya FAS ini adalah untuk menjadikan siswa-siswi MI/SD dan RA/TK mempunyai pengalaman bersaing dengan sesama sehingga terbentuk mental bersaing secara sehat, kreativitas untuk saling menginovasi, dan sportivitas dalam menerima apapun hasilnya perlombaan. It’s not how the life is treating us, but how we’re treating the life.

 

Festival ini mendapat mendapat dukungan dari berbagai pihak yaitu Direktur TMI, Kepala Madrasah Ibtidaiyah, Kepala Raudhatul Athfal, Ppembina dan Pengawas Pesantren, hingga Pimpinan Pesantren, serta segenap dewan guru, wali murid dan pihak-pihak terkait lainnya. Hal ini setidaknya tampak dalam pembukaan yang berlangsung secara semarak dan meriah.

Pembukaan Festival ini berjalan dengan khidmat dan meriah dengan penampilan-penampilan kreativitas santri cilik dan atau siswa/i MI dan RA Darunnajah yang mewarnai jalannya acara. Maka, diharapkan FAS ini diadakan setiap tahunnya dan dijadikan ladang sebagai penyalur kreatifitas santri Madrasah Ibtidaiyah dan Raudhatul Athfal Darunnajah dan juga MI/SD serta RA/TK di wilayah Bogor Barat.

Kepala MI Darunnajah, Ustadz Hari Wijaya, M.Si, menyampaikan harapan visionernya terkait penyelenggaraan FAS Ketiga, “Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan FAS ini menjadi sarana untuk menyalurkan bakat serta minat anak-anak dalam bidang Agama dan olahraga, serta menjadi ajang seleksi dalam mengikuti perlombaan yang berjenjang ke tingkat Kabupaten, seperti KSM, AKSIOMA, O2SN, dan L2SN. Dan kami juga berharap dapat mengenalkan pesantren Darunnajah kepada siswa/i di sekolah-sekolah sekitar, bahwa dunia pesantren itu sangat menyenangkan dan mengasyikan!”. 

 

Ustadz Hari menambahkan, hal yang menarik dari kegiatan FAS kali ini adalah adanya cabang perlombaan baru yaitu Renang dan Memanah yang notabene olahraga yang dianjurkan (sunnah) Rasulullah Muhammad SAW. Dengan luasnya area pesantren, tidak mustahil juga ke depannya akan ada lomba naik kuda.

photo
Festival anak sholeh di Darunnajah Cipining Bogor - (Darunnajah)

Berikut rincian peserta FAS Ketiga:

Data sekolah peserta Lomba FAS ke 3 Darunnajah 2 Cipining

1. MI/SD/TPA : 17 Sekolah

2. RA/KB/TPQ : 5 Sekolah

Jumlah peserta perwakilan sekolah masing2 sekolah:

1. Darunnajah 2 : 179 peserta

2. MI Muhajirin : 28 Peserta

3. SDN LEBAKWANGI 2 : 44 Peserta

4. MI AS-SALSABIILA : 5 Peserta

5. SDN CIPINING : 15 Peserta

6. SDN LEBAKWANGI 1 : 31 Peserta

7. SDN ARGAPURA 1 : 13 Peserta

8. SDN CIODENG : 19 Peserta

9. SDN BATU JAJAR : 10 Peserta

10. MI QORIYATUL QUR’AN : 18 Peserta

11. SDN CIBUNGUR : 27 Peserta

12. SDN BUNAR 3 : 1 Peserta

13. SDN BUNAR 4 : 1 Peserta

14. MI AL KAROMAH : 10 Peserta

15. SDN ARGAPURA 4 : 2 Peserta

16. MIS MATHLA’UL ANWAR : 22 Peserta

17. MI AMIRULLAH : 27 Peserta

photo
Festival anak saleh di Darunnajah Cipining Bogor - (Darunnajah)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement