Selasa 07 Feb 2023 23:35 WIB

Menteri Pertahanan Denmark Ambil Cuti Panjang Karena Sakit

Menhan Denmark cuti untuk jangka waktu yang tidak ditentukan karena sakit

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Bendera Denmark
Foto: pixabay
Bendera Denmark

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN -- Menteri Pertahanan Denmark, Jakob Ellemann-Jensen, telah mengambil cuti untuk jangka waktu yang tidak ditentukan karena sakit. Dia mengambil cuti setelah melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit Kopenhagen pekan lalu.

Dalam sebuah unggahan di Facebook pada Rabu (1/2/2023), Ellemann-Jensen, mengatakan bahwa dia mengalami pusing dan melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Setelah diperiksa, dia tidak mengalami kondisi serius dan merasa lebih baik. Namun pada Senin (6/2/2023) dia menyatakan akan mengambil cuti untuk beristirahat atas saran dokter.

"Saya sudah sangat sibuk untuk waktu yang lama. Sekarang tubuh saya mengirimkan sinyal bahwa sudah waktunya istirahat," ujar Ellemann-Jensen di Facebook.

Anggota senior Liberal, Troels Lund Poulsen, akan mengambil alih tugas menteri pertahanan untuk sementara sampai Ellemann-Jensen kembali bertugas. Anggota senior partai lainnya, Stephanie Lose, akan mengambil alih kepemimpinan Liberal tanpa kehadiran Ellemann-Jensen.

Pada 15 Desember Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen mengajukan koalisi mayoritas tiga partai yang mencakup kelompok kiri dan kanan. Koalisi ini termasuk Partai Liberal kanan-tengah, Sosial Demokrat kiri-tengah dan partai Moderat tengah yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Lars Løkke Rasmussen, yang sekarang menjadi menteri luar negeri Denmark.

Ini adalah pertama kalinya dalam 44 tahun pemerintahan sentris dibentuk, mengakhiri dua blok yang saling bertentangan selama beberapa dekade.

Ketiga partai tersebut menguasai 89 kursi di parlemen dengan 179 kursi dan  didukung oleh empat anggota parlemen yang mewakili wilayah semi-independen Denmark di Greenland dan Kepulauan Faeroe. Pada 30 Januari, Ellemann-Jensen melakukan perjalanan satu hari bersama dengan Frederiksen dan Løkke Rasmussen ke Ukraina untuk bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy.

sumber : AP
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement