Jumat 03 Feb 2023 15:32 WIB

SMK TI Muhammadiyah Cikampek, Kenal Dunia Podcast Lewat BSI DIgination

Podcast saat ini telah menjadi salah satu bidang profesi yang menjanjikan.

Perusahaan startup Digital Creative Center (DCC) atau Lab AlfaOne bersama kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif menggelar BSI Digination.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Perusahaan startup Digital Creative Center (DCC) atau Lab AlfaOne bersama kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif menggelar BSI Digination.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- Podcast saat ini telah menjadi salah satu bidang profesi yang menjanjikan. Pasalnya, perkembangan dunia digital kreatif saat ini membuat semakin banyaknya penikmat podcast. Melihat peluang tersebut, perusahaan startup Digital Creative Center (DCC) atau Lab AlfaOne bersama kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif menggelar BSI Digination.

Bertemakan ‘Oppurtinities in Creative Industry’, kegiatan talkshow digital creative, open house, serta kunjungan industri ini sukses digelar, pada Jumat (27/1/2023). Bertempat di Aula Universitas BSI kampu Cikampek, SMK TI Muhammadiyah Cikampek berkesempatan mengenalkan dunia podcast pada siswa/i-nya melalui BSI Digination ini.

Baca Juga

Bertindak sebagai nasumber, Ibnu Alfarobi selaku CEO Digital Creative Center dan Muhammad Tsabit selaku Head of BSI TV & radio, dan Suhardi selaku Photographer & Public Relation hadir dalam acara ini. Pada kesempatan ini, Ibnu menyampaikan step-by-step dalam pembuatan podcast.

“Di balik sebuah podcast tentunya akan ada timbal balik antara host dengan narasumber pada saat membawakannya. Nah, pembangunan chemistry yang baik di antara keduanya bisa menghasilkan podcast yang sangat menarik,” jelas Ibnu dalam keterangan rilis, Senin (30/1/2023).

Di sisi lain, Tsabit menyampaikan beberapa pengetahuan seputar broadcasting salah satunya menjadi seorang host. Host yang ia maksud berlaku untuk pembawa acara sebuah podcast maupun seorang reporter berita.

“Tidak melulu sesuai dengan script, seorang broadcater harus bisa menghadapi situasi-situasi yang tidak terduga saat berlangsungnya acara. Wawasan yang luas tentunya sangat diperlukan seorang broadcaster untuk menjawab masalah tersebut. Untuk itulah, BSI Digination ini digelar,” ujar Tsabit.

Hal ini juga tentunya telah diakui oleh Holila selaku guru pembimbing dari SMK TI Muhammadiyah Cikampek yang hadir pada kegiatan ini. Ia mengaku kegiatan BSI Digination sangat bermanfaat dalam meningkatkan kreatifitas dan keterampilan anak didiknya khususnya di dunia digital kreatif.

“Saya harap anak-anak didik saya ini dapat mengambil pengalaman serta ilmu dengan baik dari kegiatan BSI Diginatioan ini. Kemudian mereka dapat mengimplementasikannya di dunia perkuliahannya nanti bahkan di dunia pekerjaannya nanti,” tandasnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement