Selasa 31 Jan 2023 17:49 WIB

Darah Hasil Donor Mengandung HIV dan Sipilis Masih Ditemukan PMI Kudus

Pendonor yang darahnya terdeteksi HIV biasanya tidak mengetahui adanya penyakit itu.

PMI Cabang Kudus, Jawa Tengah, selama melayani donor masih sering menemukan darah yang mengandung penyakit. Penyakit yang dimaksud mulai dari hepatitis, sipilis, hingga HIV. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
PMI Cabang Kudus, Jawa Tengah, selama melayani donor masih sering menemukan darah yang mengandung penyakit. Penyakit yang dimaksud mulai dari hepatitis, sipilis, hingga HIV. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- PMI Cabang Kudus, Jawa Tengah, selama melayani donor masih sering menemukan darah yang mengandung penyakit. Penyakit yang dimaksud mulai dari hepatitis, sipilis, hingga HIV.

"Selama ini, jenis penyakit berbahaya yang sering terdeteksi dari para pendonor berupa penyakit hepatitis selain pula penyakit lainnya," kata Sekretaris PMI Cabang Kudus Imam Santoso di Kudus, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga

Hanya saja, kata dia, jumlah kantong darah yang ditemukan mengandung penyakit memang tidak banyak dari total 19.534 kantong darah yang diperoleh sepanjang tahun 2022. Jumlah tersebut, imbuh dia, mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya hanya 17.148 kantong.

Para pendonor yang darahnya diketahui mengandung penyakit, maka akan dipanggil untuk diberikan pembinaan dan pendampingan untuk pengobatan. Untuk tindak lanjut pengobatan, PMI Kudus bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus.

 

"Kami juga merahasiakan identitas pendonor, terutama yang terdeteksi darahnya mengandung HIV karena selama ini mereka justru tidak mengetahui dirinya terpapar penyakit," ujarnya.

Darah pendonor yang terkontaminasi penyakit tidak dapat dipakai lagi, karena bisa membahayakan pasien penerima darah. Setelah terkumpul darah tersebut akan dimusnahkan dengan menggandeng pihak ketiga.

PMI Cabang Kudus, setiap harinya selalu menerima permintaan darah dari sejumlah pihak mencapai puluhan kantong, sedangkan sebulan rata-rata bisa mencapai 1.600-an kantong. Selain melayani permintaan darah dari dalam kota, PMI juga melayani permintaan dari luar kota. Sedangkan stok yang tersedia saat ini mencapai 315 kantong, terdiri golongan darah A sebanyak 95 kantong, golongan darah B sebanyak 148 kantong, golongan darah AB sebanyak 18 kantong, dan golongan darah O sebanyak 54 kantong.

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement