Rabu 25 Jan 2023 00:05 WIB

Fakta-Fakta yang Perlu Diketahui tentang Bulan Rajab

Bulan Rajab memiliki beberapa keutamaan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Fakta-Fakta yang Perlu Diketahui tentang Bulan Rajab
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Fakta-Fakta yang Perlu Diketahui tentang Bulan Rajab

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Meski termasuk salah satu dari empat bulan suci, namun keistimewaan Rajab mudah dibayangi oleh kemeriahan menyambut Ramadhan.

Di bawah ini adalah beberapa fakta singkat tentang Rajab serta hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan berkah selama bulan Rajab. Artikel ini dipublikasikan About Islam pada 22 Januari 2023.

Baca Juga

Fakta-Fakta yang Perlu Diketahui tentang Bulan Rajab

1. Sadarlah

Melakukan dosa di bulan Rajab lebih berat karena dianggap menodai bulan. Allah telah memilih dan memilih empat bulan kemudian menjadikannya suci dan menjadikan keutamaannya sebagai yang terbesar. Dosa yang dilakukan di dalamnya akan lebih besar dari waktu lainnya.

 

2. Bersemangatlah

Perbuatan baik juga memiliki bobot yang lebih berat dan mendapatkan pahala yang besar selama Rajab.

3. Jadi Manusia Lebih Baik

Selama bulan Rajab, perang dan pertempuran tidak diperbolehkan. Praktik ini dibawa oleh orang Arab dari era pra-Islam, karena mereka akan menyarungkan senjata mereka selama hari-hari Rajab. Ini adalah amalan tahunan yang baik sehingga Allah menetapkannya untuk tetap seperti itu. Konsep pertarungan itu komprehensif, bisa merujuk pada melawan amarah, melawan depresi, melawan kebiasaan buruk, melawan ketidakadilan, dan lain sebagainya.

Tiga Hal yang Harus Dilakukan Selama Rajab

Rajab benar-benar berkah. Tepat sebelum Ramadhan, bukan hanya kesempatan untuk mempersiapkan bulan suci, tetapi bisa ada berkah tambahan dalam melakukannya. Bayangkan saja, tetapkan niat, dan dapatkan barakah atas segala kebaikan yang anda lakukan di bulan ini.

1. Mulailah Mengontrol Nafsu

Karena dosa dan berkah lebih berat selama bulan Rajab, jelas anda ingin setidaknya mengurangi dosa-dosa anda. Mulai kendalikan nafsu anda dengan lebih baik sekarang. “Perbuatan-perbuatan (yakni kesempurnaan dan pahala) bergantung pada niat. Tergantung pada niat.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

2. Carilah Kedamaian

Mengingat Rajab adalah bulan tanpa pertempuran, jangan lakukan itu. Latih perilaku terbaik anda, buat alasan untuk orang lain, dan jangan biarkan setan merusak hubungan anda.

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Aa mā khalaqtul-jinna wal-insa illā liya'budụn.

Artinya: Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku. (QS Adz-Dzariyat: 56)

Perbarui pencarian anda akan kedamaian batin selama bulan Rajab.

3. Puasa

Puasa akan memberi Anda lebih banyak berkah dari biasanya. Cobalah berpuasa. Tentu saja ini menjadi pemanasan yang bagus untuk Ramadhan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement