Sabtu 21 Jan 2023 00:16 WIB

Desain Baru Wikipedia Direspons Negatif, Seperti Apa?

Sebenarnya, tidak banyak yang berubah secara fundamental dari penampilan Wikipedia.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Wikipedia
Foto: WIKIPEDIA
Wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Jika Anda memerhatikan Wikipedia pada Rabu (18/1/2023), Anda mungkin sadar Wikipedia terlihat berbeda. Menurut Annie Rauwerda, editor Wikipedia dan superfan di belakang akun Twitter Depths of Wikipedia, pembaruan itu disebut “Vector 2022”.

Pengerjaan pembaruan itu telah memakan waktu yang lama bahkan nyaris  tidak jadi diwujudkan sebelum akhirnya diluncurkan. ''Wikipediawan telah menumpahkan lebih dari 200 ribu kata pada halaman untuk umpan balik Vector 2022,” tulis Rauwerda di Slate, dilansir dari Mashable, Jumat (20/1/2023). 

Baca Juga

Jumlah kata itu berarti, dia mencatat, melebihi panjangnya novel berjudul Jane Eyre dan hampir sepanjang novel Moby-Dick . Umpan balik tersebut diketahui berisi pemosisian tombol dan pemformatan tabel.

Tapi tidak ada yang berubah secara fundamental. Tautan yang biasa Anda lihat di sidebar panjang dan lengkap di sebelah kiri—“Main Page”, “Contents”, “Current events”, “Random article” dan sisanya—masih ada. Anda hanya perlu mengeklik ikon wortel ganda kecil di pojok kiri atas untuk mengembalikannya.

Begitu Anda terbiasa dengan dengan lebar baris maksimum yang baru, pengguna monitor dengan resolusi tinggi mungkin tidak perlu membaca satu baris teks pun sepanjang seluruh Gettysburg Address.

Namun, menurut Rauwerda, desain baru tersebut telah mendapat respons kuat dan itu baru satu hari. Wikipediawan berbahasa Swahili mengadakan pemungutan suara dengan suara bulat, menurut artikel Slate-nya, yang secara resmi meminta agar perubahan dikembalikan.

Dalam pemungutan suara yang lebih luas tentang apakah versi baru harus menjadi default, 165 orang memilih menolak desain baru dibandingkan 153 yang mendukung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement